BREAKING

Rabu, 04 Desember 2013

Jabar Selenggarakan GotraSawala

Publika News | Rabu, 04 Desember 2013,15.30.00 | |
BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama para tokoh seni dan budaya Jawa Barat, akan menggelar kegiatan Gotra Sawala atau disebut juga pertemuan besar para seniman yang tidak saja lokal Jawa Barat, tapi juga nasional dan internasional.

Menurut rencana, acara Gotra Sawala akan dilaksanakan mulai Tanggal 5 sd 7 Desember, dengan mengambil tempat di Gedung Merdeka Bandung.

Menurut panitia pelaksana dari Disparbud Prov. Jabar, acata Gotra Sawala ini akan dibuka oleh GUbernur Jabar dan dihadiri para tokoh seniman dan budayawan lokal Jabar, Nasional dan Internasional.

Adapun materi yang akan menjadi topik bahasannya, yaitu meliputi : Internasional Cullture Conference, Pergelaran Seni Budya Tradisional, seperti Topeng Banjet, Topeng Losari, Beluk. Selain itu akan diadakan pula Pameran Karya Budaya Pa-Sunda-an yang didalamnya akan memamerkan karya budaya masyarakat Sunda, seperti Punden Berundak Situs GUnung Padang, Budaya Bumi Bekasi, Manusia Gua Pawon Situs Batujaya.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat pers conference, Selasa (3/12) sore di Hotel Homan mengemukakan, bahwa dengan diadakannya acara Gotra Sawala yang mengundang para seniman dan budayawan kelas dunia adalah untuk lebih mengenalkan seni dan budaya Sunda yang begitu banyak dan beraneka ragam."Selama ini seni dan budaya Sunda kurang begitu mendunia". Padahal kalau dilihat dan keanekaragaman dan kuantitasnya yang begitu beragam itu, maka sepantasnya seni dan budaya sunda bisa lebih mendunia", ujar Wagub.

Wagubpun berharap dengan meningkatnya peran dan eksistensi Seni dan Budaya Sunda, bisa mengangkat para pelakunya dari aspek ekonomi.

Target yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan Gotra Sawala, menurut Frankie Raden sebagai salah seorang penggagas adalah menjadi Jawa Barat sebagai sebagai Kawasan Wisata Budaya Unggulan di Indonesia dan dunia. (Ly/Jbr)


Bila Artikel ini bermanfaat silakan bagikan di :

Cahaya

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang beriman dan beramal salih di antara kalian, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa; akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah Dia ridhai (Islam); dan akan mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan, menjadi aman sentosa (TQS an-Nur [24]: 55).
 
Copyright © 2008-2017 publikaNews.com | Sesama berbagi berita
Design by FBTemplates | BTT