Pariwisata

Berita Palestina

QUOTE : Jadikanlah Hari Ini Lebih Baik dari Hari Kemarin


Pemberontak Libya Akan Adili Gaddafi di Libya Setelah Menang

Paris, (publikaNews) - Pemimpin Libya Muamar Gaddafi akan diadili di Libya "setelah kemenangan" pasukan pemberontak, kata pemimpin dewan nasional pemberontak pada televisi Prancis, Senin.

"Setelah kemenangan itu kami akan mengadili Gaddafi di Libya karena semua kejahatan yang telah ia lakukan," jelas Mustafa Abdel Jalil pada wartawan France 2 di markas besar pemberontak Benghazi di Libya timur, demikian AFP melaporkan.

"Kami akan berupaya untuk membangun negara yang bebas, demokratis yang menghormati hak asasi manusia dan perganti-gantian politik," ujarnya. Ia menambahkan bahwa rakyat Libya telah membuat "pilihan sulit, yakni melawan tiran".

Jalil, seorang bekas menteri kehakiman yang bersembunyi di tengah kekhawatiran akan keselamatannya, menambahkan bahwa pemberontak memiliki "kebutuhan mendesak akan senjata ringan".

Setelah hampir kehilangan Benghazi sebelum serangan udara koalisi dimulai pada 19 Maret, pemberontak sekarang maju dengan cepat ke arah barat.

Dewan tersebut, badan dengan 31 anggota yang mewakili kota-kota besar dan sedang di negara Afrika utara itu, dibentuk pada 5 Maret.(ant)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Kasus Gayus Ganggu Ketaatan Wajib Pajak

Pekanbaru, (publikaNews) - Direktorat Jenderal Pajak menyatakan kasus mafia pajak yang melibatkan Gayus Tambunan telah membuat ketaatan wajib pajak di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) menurun.

"Kasus Gayus mengakibatkan kepatuhan wajib pajak terganggu," kata Kepala Bidang Penyuluhan, Penyuluhan dan Humas Kantor Wilayah DJP Riau-Kepri, Tarmizi, pada sosialisasi perpajakan kepada wartawan di Pekanbaru, Selasa.

Berdasarkan data Kanwil DJP Riau-Kepri, tingkat kepatuhan membayar pajak di Provinsi Riau dan Kepri hanya 53,35 persen dari wajib pajak tahun 2010 yang mencapai 838.000 WP.

Realiasi penerimaan pajak tahun 2010 hanya Rp649,346 triliun dari target Rp661,498 triliun atau 98,16 persen dari target.

DJP Riau-Kepri berusaha terus menstimulasi ketaatan WP mengingat jumlah WP pada 2011 meningkat hingga lebih dari 1 juta WP.

Sedangkan, target tingkat kepatuhan yang harus dicapai tahun ini 62,5 persen.

"Kasus Gayus juga membuat motivasi pegawai pajak terganggu," ujarnya.

Menurut Tarmizi, Ditjen Pajak iau-Kepri terus berbenah dan meningkatkan pelayanan guna menaikkan kepercayaan publik agar taat membayar pajak.

"Kami juga mencoba membuka komunikasi kepada media untuk mencari strategi yang tepat untuk sosialiasi hingga ke `akar rumput`," katanya.(ant)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Pemerintah Larang Nurdin Pakai Kantor PSSI

Bogor, (publikaNews) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng melarang Nurdin Halid menggunakan kantor PSSI di Gelora Bung Karno karena pemerintah sudah tidak lagi mengakui kepengurusan organisasi sepak bola nasional itu.

"Kantor PSSI tidak boleh lagi digunakan untuk Ketua Umum Nurdin Halid dan Sekjen Nugraha Besoes, pemerintah sudah tidak mengakui mereka lagi," kata Andi kepada pers di Istana Bogor usai mengikuti rapat kerja Rencana Kerja Pemerintah dan Pagu Indikatif Tahun 2011 yang dibuka Wakil Presiden Boediono, Selasa.

Menurut Andi, larangan ini adalah sikap tegas yang harus diambil pemerintah untuk menyelamatkan sepak bola agar tidak makin terpuruk.

"Saya menjalankan tugas sebagai Menpora sesuai amanah Presiden dan masyarakat menyangkut sepak bola," ucap Andi.

Andi menegaskan, pemerintah tidak lagi mengakui kepengurusan PSSI di bawah Ketua dan Sekjen Nugraha Besoes dan pemerintah tidak bisa lagi memberikan fasilitas pelayanan kepada kepengurusan PSSI.

Pemerintah, katanya, dalam menyelenggarakan kongres pemilihan ketua umum PSSI akan sesuai dengan aturan FIFA.

"Kami sedang berkomunikasi dengan FIFA, KONI dan KOI untuk mencari solusi yang terbaik dalam rangka segera terbentuk kepengurusan baru PSSI periode 2011-2015 dari PSSI," ujarnya.

Dia menyatakan, pemerintah harus menyelamatkan PSSI karena organisasi itu adalah adalah milik bangsa Indonesia dan hanya pengurusnya yang tidak diakui pemerintah.

Ketegasan pemerintah terhadap kubu Nurdin Halid, katanya, juga dalam bentuk tidak lagi memberikan fasilitas, termasuk seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan kepolisian daerah.

Andi juga menegaskan bahwa semua pertandingan sepak bola seperti LSI, Divisi Utama tetap bisa berjalan, tapi rekomendasinya harus datang dari KONI/KOI atau bersama Pengprov PSSI setempat.

"Jadi Pengprovnya tidak ada masalah, yang dipermasalahkan kepengurusan di pusat," katanya, menegaskan.

Menanggapi rencana Nurdin Halid menggugat dirinya, Andi mempersilakan Nurdin menempuhnya. "Pemerintah melakukan kebijakannya berdasarkan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia, dan karena itu harus bisa diperjuangkan sesuai peraturan perundngan-undangan," katanya.(ant)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Kesenjangan Hambat Upaya Pencapaian "MDGs" Indonesia

Jakarta, (publikaNews) - Upaya pencapaian Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs) Indonesia masih terhambat oleh tingkat disparitas (kesenjangan) yang tinggi, kata Direktur Pusat Informasi Perserikatan Bangsa Bangsa (UNIC) di Jakarta, Rabu.

Dalam sebuah acara diskusi dengan ANTARA, Direktur Pusat Informasi Perserikatan Bangsa Bangsa (UNIC) di Jakarta, Michelle Zaccheo mengatakan disparitas adalah masalah utama bagi Indonesia dalam mencapai Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs).

"Harus diakui disparitas adalah masalah utama bagi Indonesia dalam mencapai Millenium Development Goals," kata Zaccheo.

Sasaran Pembangunan Milenium adalah delapan tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 merupakan tantangan tantangan utama dalam pembangunan diseluruh dunia.

Menurut Badan PBB untuk Program Pembangunan (UNDP), tantangan-tantangan tersebut diambil dari seluruh tindakan dan target yang dijabarkan dalam Deklarasi Milenium yang diadopsi oleh 189 negara dan ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000.

"Tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia bagus, bahkan mendekati angka tujuh persen, sebuah pencapaian yang mungkin sangat diharapkan oleh negara-negara Eropa saat ini," katanya.

Zaccheo mengatakan Indonesia, yang masih berupaya mengoptimalkan sistem desentralisasi sejak orde reformasi bergulir, masih perlu meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam hal tata kelola pemerintahan yang baik guna mengikis kesenjangan tersebut.

Sasaran Pembangunan Milenium yang disepakati dalam KTT Milenium di New York adalah sektor pemerataan pendidikan, pengentasan kemiskinan dan kelaparan, peningkatan kualitas kesehatan dan lingkungan hidup, kesetaraan gender, serta pemberdayaan perempuan.

Dalam kesempatan itu juga Zaccheo mengakui peran Indonesia sebagai negara penting di pentas global, seiring keterlibatan Indonesia dalam berbagai forum di tingkat internasional.

"Indonesia sudah terakui sebagai negara yang penting dalam dunia internasional," katanya, seraya menceritakan bagaimana proses penunjukannya sebagai Direktur UNIC di Jakarta sejak 23 Oktober 2009 lalu.(ant)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Pelatihan Bandeng Gebug

Bandung, (publikaNews) - Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Kota Bandung, mengadakan pelatihan pembuatan bandeng gebug. Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (sekda) Kota Bandung Edi Siswadi, di Kelurahan Ciroyom, Kecamatan Andir, Minggu (27/03). Menurut, Sekretaris LPM Kota Bandung, Merdi Hajiji, pelatihan ini berlangsung selama dua hari (27-28) dan diikuti 20 orang perwakilan RW, se-Kelurahan Ciroyom, Kecamatan Andir.



"Pelatihan ini merupakan sinergitas antara LPM dan Pemerintah Kota Bandung, dalam upaya untuk membantu masyarakat agar mempunyai keahlian," ujar Merdi. Alasan memilih pelatihan pembuatan bandeng gebug, menurut Merdi karena di daerah Ciroyom banyak tersedia bahan baku bandeng, sehingga memudahkan dalam proses pembuatannya. "Para peserta ini akan dilatih oleh pengusaha bandeng gebug yang ada di Ciroyom, sampai mereka terampil," ujar Merdi.



Bandeng gebug ini sendiri bentuknya seperti bandeng presto."Kalo di Semarang dikenal bandeng yang di presto, di sini istilahnya bandeng gebug," jelasn Merdi. Lebih lanjut Merdi juga menuturkan, kedepannya pelatihan-pelatihan keterampilan seperti ini akan dilakukan di kecamatan-kecamatan lainnya. "Mungkin pelatihan di kecamatan yang satu dengan yang lain akan berbeda, karena disesuaikan dengan sumber bahan baku dan hasil unggulan kecamatan tersebut,"jelasnya.



Sementara itu, Sekda Kota Bandung dalam sambutannya menyambut baik program pelatihan tersebut, karena merupakan program pelatihan dari, untuk dan oleh masyarakat itu sendiri. "Program pelatihan seperti ini sangat bagus, karena bisa menambah keahlian, sehingga nantinya bisa menambah penghasilan,"ujar Edi.


Edi juga mengharapkan nantinya di setiap wilayah, ada pelatihan-pelatihan seperti itu, tetapi yang di berbeda sesuai dengan produk unggulannya. "Sehingga, nantinya apabila setiap wilayah punya pelatihan dan produk unggulan akan tercipta one district one product,"pungkasnya.(allY)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Badan Publik Dituntut Untuk Menyediakan Informasi Yang Akurat, Benar Dan Tidak Menyesatkan

Bandung, (publikaNews) - Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia, disebutkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Berkaitan dengan ini, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan sosialisasi implementasi tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)kepada sejumlah pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) SKPD Pemerintah Kota Bandung, di Aula Serbaguna Bermartabat Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana 2, Senin (28/3).

Bertindak sebagai narasumber Kabid SKDI Dinas Kominfo Prov.Jabar, yang juga Sekretaris Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Drs.Karso Saminurahmat,MM, pakar ilmu hukum pidana Uninus, Dr.Hj.Imas Rosidawati,SH.MH dan Dr.O.Hasbiansyah, Drs.,M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba.

Saat membuka sosialisasi tersebut, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Bulgan Alamin, mengatakan, "Guna meningkatkan pelayanan umum mengenai pelayanan informasi publik, Petugas PPID diharapkan harus mampu memilih dan memilah informasi mana yang harus diberikan kepada publik dan mana yang harus dikecualikan dalam undang-undang, juga pentingnya pengoganisasian informasi dari setiap SKPD yang sudah tersusun, terstruktur, terukur apalagi sudah diadaptasi teknologi informasi, bilamana sewaktu-waktu diminta sudah disiapkan PPID yang bekerjasama dengan kita sebagai koordinator, " pintanya.

Bulgan juga mengungkapkan saluran informasi yang digunakan Diskomifo Kota Bandung saat ini, "Melalui Unit Pengaduan Publik kita melayani pertanyaan melalui tatap muka, telepon, SMS, E Mail melaui bandung.go.id, dan media cetak seperti di Tribun Jabar, dalam satu tahun kita melayani informasi yang diminta sekitar 3 - 4 ribu pertanyaan ; yang harus kita jawab, maka diperlukan masukan dari setiap SKPD," ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat diwakili Kabid SKDI Drs.Karso mengatakan, keberadaan Undang-undang keterbukaan informasi publik secara efektif telah impelementasi sejak 1 mei 2010, sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi, Untuk memenuhi hak atas masyarakat tersebut, pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota sebagai badan publik dituntut untuk menyediakan informasi yang akurat, benar dan tidak menyesatkan, oleh karena itu badan publik wajib memberikan informasi yang dibawah kewenangannya padan masyarakat luas secara berkala, serta merta dan tersedia setiap saat.

Lebih lanjut Karso mengatakan PPID memelukan SDM yang memadai agar lebih mudah memafaatkan teknologi informasi dan komunikasi, "Pengelolaan informasi dipelukan SDM yang cukup dan mumpuni, agar informasi dapat disampaikan pada publik secara terbuka dan dapat diakses masyarakat dengan mudah, cepat, sederhana, serta transparan, sehingga informasi dapat disebarkan seluas-luasnya dengan mengecualikan hal-hal yang menyangkut keamanan negara, hak private dan lainya yang diatur undang- undang," katanya.

Mengatakan manfaat keterbukaan informasi publik, "dampak keterbukaan informasi publik, membuka peluang partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan negara dan pelayanan publik, memperoleh indikasi dini adanya praktek mal administrasi dan tindak pidana korupsi, juga bagi masyarakat dengan terhindar dari perlakuan yang sewenang-wenang dari aparatur negara" katanya.

Tindakan penyalahgunaan informasi yang dapat dikenai ketentuan pidana diungkapkan Imas antara lain, "Sengaja menggunakan informasi secara melawan hukum, Sengaja tidak menyediakan informasi yang harus diumumkan berkala, tersedia setiap saat, dan serta merta yang mengakibatkan kerugian orang lain, Sengaja dan tanpa hak mengakses/memperoleh/memberikan informasi yang dikecualikan, Sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusak, menghilangkan dokumen yang dilindungi negara dan/atau terkait dengan kepentingan umum, dan sengaja membuat informasi yang tidak benar atau menyesatkan yang mengakibatkan kerugian orang lain ungkapnya.(ally)
Rabu, Maret 30, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Presiden Percayakan Menpora Untuk Sikapi Kongres PSSI

Jakarta, (publikaNews) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempercayakan sepenuhnya kepada Menpora Andi Mallarangeng untuk menyikapi kisruh pelaksanaan Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, mengatakan apa yang disampaikan oleh Menpora untuk merespon pelaksanaan Kongres PSSI adalah sikap resmi pemerintah.

"Intinya memang untuk PSSI dari pemerintah sudah didelegasikan, diwakilkan sepenuhnya kepada Menpora. Presiden memercayakan sepenuhnya kepada Menpora yang tentu telah melakukan penilaian dan evaluasi," tutur Julian.

Menpora, lanjut dia, tentunya secara berkala selalu melapor kepada Presiden Yudhoyono tentang perkembangan Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, 25-26 Maret 2011.

"Dirujuk saja pendapat atau pandangan Menpora karena itu pandangan resmi atau sikap pemerintah," ujar Julian.

Setelah menggelar konferensi pers di Kantor Menpora tentang sikap pemerintah mengenai Kongres PSSI di Pekanbaru, Andi pun terlihat berada di Istana Kepresidenan sekitar 30 menit.

Menpora pada Senin mengeluarkan pernyataan bahwa pemerintah menunggu keputusan resmi dari FIFA terkait pelaksanaan Kongres PSSI dengan agenda pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan pengurus PSSI.

Jika hasil kongres disikapi positif oleh FIFA, maka semua tahapan pelaksanaan kongres yang dibentuk oleh 78 dari 100 pemilik suara sah PSSI itu harus dilaksanakan agar tidak terjadi keterlambatan dari jadwal yang ditetapkan FIFA.

FIFA sebelumnya telah menetapkan jika pelaksanaan kongres PSSI dengan agenda utama pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Umum serta angota Eksekutif Komite (EXCO) PSSI periode 2011-2015 harus selesai sebelum 30 April 2011.

Namun apabila FIFA tidak menerima hasil kongres PSSI di Pekanbaru, maka pemerintah dan KONI/KOI beranggapan bahwa PSSI di bawah pimpinan Ketua Umum Nurdin Halid dan Sekjen Nugraha Besoes tidak kompeten untuk menyelenggarakan Kongres PSSI.

Kongres PSSI di Pekanbaru 25-26 Maret 2011 dibatalkan secara sepihak oleh PSSI dengan dalih situasi keamanan tidak kondusif karena ada ancaman keselamatan terhadap pengurus PSSI yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Dengan kondisi itu PSSI menganggap kongres yang dilakukan oleh 78 dari 100 pemilik suara tidak sah. Hanya saja pemilik suara tetap meyakini jika kongres yang digelar di Hotel Premiere Pekanbaru sah karena didukung mayoritas pemilik suara.(ant)
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Rakyat Tripoli Makin Sengsara

Jakarta, (publikaNews) - Di luar gedung kokoh yang tak mudah ditembus di kompleks Muamar Gadafi, kekurangan bahan bakar dan antrian tanpa ujung menambah suram keadaan di kota yang sudah berpekan-pekan dirongrong konflik.

Pasukan pemberontak bergerak maju dengan cepat ke arah kubu terbesar Gaddafi, dan rakyat biasa di ibukota Libya, Tripoli, tak peduli apa pun pandangan politik mereka, khawatir terhadap apa yang bakal terjadi.

Warga Tripoli hidup di tengah dentuman suara ledakan dan tembakan senjata antipesawat saat serangan udara Barat berlanjut, dan kenyataan baru telah membuat sebagian warga berani menyampaikan kekecewaan mereka secara terbuka.

"Situasi bertambah buruk dan parah. Saya orang yang sederhana. Saya tak tahu mengapa," kata Radwan, pria yang berusia 40-an tahun, saat ia mengantri untuk membeli bahan bakar di satu stasiun pompa bensin di Tripoli tengah.

Di satu stasiun pengisian bahan bakar di Tripoli, ratusan kendaraan membentuk antrian lebih dari satu kilometer pada Ahad (27/3). Pengendara yang sudah kelelahan menunggu selama berjam-jam untuk mengisi tangki kendaraan mereka.

Satu tanda sementara di stasiun pompa bensin lain bertuliskan, "Tak ada bensin hari ini. Cuma Tuhan yang tahu kapan (ada lagi)."

Kebanyakan orang menunggu dengan sabar, sementara mesin kendaraan mereka dimatikan. Sebagian duduk di bawah bayang-bayang pohon besar, sambil merokok. Satu mobil kehabisan bahan bakar di tengah jalan raya pantai, dan sekelompok pejalan kaki membantu pengemudi mendorong kendaraan itu.

Pemandangan serupa di beberapa bagian lain Tripoli dan kota kecil yang berdekatan. Jaringan pasokan kebutuhan pokok telah terganggu oleh berpekan-pekan pertempuran Arus pengungsi ke luar Libya hampir berarti bahwa toko roti tak memiliki tenaga kerja untuk membuat cukup banyak roti.

Libya adalah salah satu pengekspor minyak OPEC dan memiliki pengolahan atau pengilangan sendiri, tapi sektor itu telah sangat terganggu oleh konflik. Banyak prasarana kilang minyaknya telah rusak, dan produksi minyak telah merosot tajam.

Stasiun TV negara telah menjamin rakyat bahwa cadangan bahan bakar mencukupi, tapi seorang pejabat bidang energi mengakui kepada Reuters pekan lalu bahwa Libya perlu mengimpor lebih banyak pasokan untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Pasukan pemberontak, yang berusaha menggulingkan Gaddafi dan berbesar hati oleh serangan udara Barat, telah mendesak dengan cepat ke arah Libya barat dalam beberapa hari belakangan. Mereka merebut kembali wilayah yang ditinggalkan oleh militer Gaddafi.

Kemarahan
Tripoli, yang berada di pantai Laut Tengah dan tempat tinggal sebanyak dua juta orang, adalah kota yang dibentengi paling kuat di Libya. Di sana ketidakpuasan tak ditoleransi oleh anggota milisi Gaddafi yang ditakuti.

Meskipun begitu, sebagian warganya sangat jelas kelihatan marah ketika didekati oleh wartawan pada Ahad (27/3).

"Stasiun televisi menyatakan Inggris dan Prancis ingin membawa pergi minyak kami, tapi saya berdiri di sini, saya tak bisa membeli bahan bakar buat mobil saya," kata seorang pria yang antri untuk membeli bensin.

"Mana minyak itu? Minyak apa yang mereka bicarakan?" ia mempertanyakan, sebagaimana dilaporkan wartawan Reuters, Maria Golovnina, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Seorang pria lain, Sufiyah, sambil menggosok matanya yang berwarna merah setelah tidak tidur semalaman untuk antri di satu stasiun pompa bensin, menambahkan, "Saya telah menunggu sejak pukul 4 pagi. Tidak ada bensin. Saya sangat capek. Dan ya, saya marah. Banyak orang juga marah."

Kerusuhan juga telah mengganggu pasokan pangan di negara gurun tersebut, yang bergantung atas impor guna menutupi kebutuhan pangan rakyatnya.

Seorang perempuan, Fatima, yang berbaris untuk menerima jatah roti di satu permukiman, mengatakan sangat sulit untuk membeli minyak goreng, gula dan produk olahan lain. Fatima berusia 20-an tahun.

"Sebelum ini, keadaan normal tapi sekarang terjadi kekurangan. Itu dimulai dengan krisis satu bulan lalu, dan akan terus bertambah parah," kata Fatima. Ia mengatakan, menurut dia, harga bahan makanan penting seperti beras dan tepung telah melonjak setidaknya tiga kali lipat.

Ia menyatakan ia cuma diperkenankan membeli satu tas roti buat keluarganya setiap kali ia datang. Toko di Tripoli tampaknya memiliki simpanan yang mencukupi tapi banyak toko sudah tutup.

Harga roti sendiri telah sedikit berubah, kata orang. Kekurangan roti terutama terjadi karena terjadi pengungsian besar-besaran pekerja pendatang.

"Sebelumnya, roti berlimpah, sekarang tak ada. Kami tak punya pekerja sekarang, jadi sulit untuk membuat cukup banyak roti," kata Adil Mohammed Ali, pria muda yang bekerja di pabrik roti.

Ali Salim, pengemudi taksi yang masih muda, mengatakan ia tidak tahu apa yang mesti dharapkan tapi menuduh negara asing sebagai penyebab semua kesulitan itu.

"Saya telah menunggu selama empat jam. Saya harus melakukan ini setiap hari. Saya pengemudi taksi," katanya. "Tak seorang pun mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Besok itu semua dapat berubah. Itu semua disebabkan oleh negara asing yang ikut campur."
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Peringatan 65 Tahun Bandung Lautan Api

Dimana warga Bandung dan tentara rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara dengan membumihanguskan kotanya, agar tidak dikuasai oleh penjajah. Peringatan peristiwa BLA tahun 2011 dilakukan di Lapang Tegallega, di depan monumen BLA, Kamis (24/03).

Peringatan tersebut, dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan, Kasgar Bandung Marsekal Pertama Wahyudin Kartadinata, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, Sekda Kota Bandung Edi Siswadi, anggota LVRI, para pejabat kota Bandung dan para pelajar.

Dalam sambutannya Wali Kota Bandung mengingatkan bahwa peristiwa bersejarah Bandung Lautan Api agar menjadi wahana refleksi diri terhadap apa yang telah, sedang dan akan dilakukan terhadap Kota Bandung, terutama untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menegakkan harkat dan martabat bangsa.

?Terlebih lagi masih banyak cita-cita para pejuang yang belum tertuntaskan, khususnya terkait penanganan persoalan-persoalan sosial, ekonomi, dan lingkungan,? Ujar Dada Rosada.

Menurut Dada Rosada, peristiwa BLA tahun 1946 merupakan kenyataan sejarah yang menyisakan kenangan, betapa kemerdekaan Bangsa Indonesia bukan diperoleh dengan cuma-cuma atau hadiah dari bangsa penjajah, tetapo harus dilalui dengan pengorbanan jiwa harta benda yang tak terhingga.

?Para pejuang saat itu bersatu padu dan mengangkat senjata bersama tanpa membedakan suku, warna kulit, agama, dan asal-usul yang beragam, karena semuanya memiliki tujuan yang sama yakni membebaskan bangsa ini dari belenggu kekuasaan asing,? jelas Dada.

Bahkan pembumihangusan Kota Bandung 65 tahun yang lalu, menurut Dada, bukan saja sebagai bentuk perlawanan kepada kaum kolonial, tetapi juga simbol loyalitas terhadap kepentingan yang lebih luas sesuai kebijakan pemerintah pusat agar para pejuang mundur ke selatan Kota Bandung. ?Singkatnya pengorbanan tadi pada hakekatnya adalah tanggung jawab para pejuang terhadap nasib dan masa depan bangsa, yang semestinya menjadi warisan bagi generasi sekarang untuk meraih kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan,? ucap Wali Kota.

Selanjutnya Dada pun mengatakan tantangan kehidupan saat ini tidak lebih ringan di banding masa perjuangan meraih dan mempertahankan kemerdekaan, seperti membebaskan masyarakat dari kemiskinan, banjir serta persoalan sosial ekonomi. Hal itu tentu saja untuk kondisi saat ini dibutuhkan banyak pahlawan sesuai bidang keahlian, kemampuan dan kesempatan.

?Peringatan Bandung Lautan Api ini, bukan sekedar mengenang peristiwa heroik melawan ketidakadilan, tetapi yang lebih penting lagi adalah untuk melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan dalam dimensi kekinian. Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan dari Kosgoro kepada Walikota Bandung, Wakil Wali Kota Bandung, Nanang Sudjana dan Dana Setia sebagai ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdiannya kepada Kosgoro dan Tridharma Kosgoro. Selain itu Wali Kota Bandung juga memberikan piala kepada para pemenang lomba pawai obor dalam memperingati peristiwa Bandung Lautan Api.

Pawai obor itu sendiri dilakukan sehari sebelum peringatan BLA, dan diikuti sekitar 2.000 pelajar SMA/SMK se-Kota Bandung, yang di awali dari lapang Tegallega dan finish di plaza Balaikota. Berikut ini beberapa juara lomba pawai obor, Juara pertama tingkat Utama SMA 26; tingkat Madya SMKN 12; tingkat Bina SMAN 15; tingkat muda SMKN 8; tingkat mula SMKN 1; Juara Favorit SMKN 10; yel-yel terbaik SMK Bandung Selatan; Pakaian Terbaik SMAN 2; Lampion SMK Kian Santang dan SMA Bina Dharma serta juara kekompakan dimenangkan oleh SMKN 6.(ally)
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Sarasehan Pengembangan Agrowisata dan Seni Budaya Bandung Timur

Bandung, (publikaNews) - Mewujudkannya, perlu upaya, kerja keras dan komitmen kuat yang diwujudkan tidak hanya dalam konsep tapi juga ditataran implementasi. Pemerintah daerah konsisten di fungsi fasilitasi, masyarakat disisi lain juga aktif berkreatif.

Menjadikan seni dan budaya daerah sebagai wisata yang memiliki nilai jual, yang diminati wisatawan, kata kuncinya ada pada perilaku masyarakat," ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda membuka resmi sarasehan pengembangan kawasan Bandung Timur - Ujungberung sebagai kawasan agrowisata dan seni budaya, di kampus SMAN 24 Bandung, Jalan Raya AH Nasutian-Ujungberung, Kamis (24/03).

Ayi menandaskan, memperbanyak gelaran seni budaya belumlah cukup untuk menjadikan Ujungberung sebagai tujuan wisata yang diminati. Mewujudkannya perlu dukungan perilaku masyarakat, diantaranya keramahan. "Tidak kurang obyek wisata menarik, hanya karena perilaku masyarakatnya yang kurang ramah dan kebersihan lingkungannya yang kurang terpelihara, menjadi tidak diminati wisatawan," ungkapnya.

Ayi optimis, potensi agrowisata dan seni budaya Ujungberung kedepan bisa menjadi tujuan wisata yang diminati karena Ujungberung memiliki potensi seni budaya beragam yang terpelihara baik. Terlebih Ujungberung ke depan akan menjadi daerah strategis karena terlewati proyek jalan toll Bandung intra urban toll road (BIUTR), yaitu jalan toll mulai dari Jalan Pasupati hingga Gedebage yang rencananya nyambung di kilometer 149 Toll Soekarno Hatta.

"Jalan underpass yang di bangun Pasupati depan Gasibu ini ternyata yang terpanjang di Indonesia," ujarnya.

Bandung juga, Ayi menambahkan, banyak memiliki peristiwa sejarah diantaranya peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) dengan tradisi pawai obornya. Sekali penyelenggaraan, sedikitnya duaribu peserta dengan ragam kostum yang dipakainya, terdiri pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum larut dalam kegiatan ini.

Perisriwa yang menurutnya luar biasa dan tidak ada bisa disaksikan dikota lain di Indonesia kecuali di Kota Bandung.

"Ini peristiwa sejarah, peristiwa budaya juga peristiwa wisata. Kita kemas dan kita tawarkan pada tamu-tamu luar negeri yang datang ke Bandung," ujarnya.

Tokoh masyarakat Ujung bwerung, Uu Rukmana yang juga wakil ketua DPRD Jabar menyatakan dukungannya terkait pengembangan Ujungberung sebagai kawasan agrowisata dan seni budaya. Dirinya siap memfasilitasi bahkan menjanjikan bantuan lewat perannya di panitia anggaran DPRD Jabar terkait pendanaan.

Kawasan ini menurutnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan. Kepala Bappeda Kota Bandung, Taufik Racman menuturkan, Ujungberung dalam dokumen perencanaan Kota Bandung di rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2009-2013, Ujungberung pengembangan agrowisata seni budaya Ujungberung merupakan prioritas.

Di revisi RPJMD yang semula 6 wilayah, kini Kota Bandung dibagi dalam delapan wilayah, khususnya Ujungberung dibagi dua sub wilayah pembangunan Ujungberung dan Arcamanik.

Percepatan pengembangan agrowisata dan seni budaya Ujungberung telah dituangkan dukungan anggran melalui SKPD terkait diantaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata termasuk penyediaan prasarana sarama lahan.

Konsep penataannya diarahkan pada pengembangan seni dan budaya yang memanfaatkan potensi alam.

Ruang lingkup agro diswebutkannya ada tiga segmen, yaitu dihulu, di tengah dan di hilir. Kota Bandung termasuk Ujungberung, potensi agrobisnis potensinya paling besar ada dihilir karena kontribusi pertanian hanya 0,03 % terhadap kenaikan PDRB. Artinya, produk pertaniannya lebih pada pengolahan.(ally)
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Kadisdik Kota Bandung, Penggunaan BOS Perlu Kehati-hatian

"Kita tidak ada niatan untuk memperlambat pencairan Dana tersebut, tapi kami perlu berhati-hati dalam pelaksanaanya agar sesuai dengan aturan yang ada," ujar Oji kepada wartawan di pendopo Kota Bandung, Kamis (24/3).

Lebih lanjut Oji menjelaskan untuk tahun ini, dana BOS tidak diserahkan langsung ke sekolah-sekolah dari pemerintah provinsi, tetapi masuk dulu ke Pemerintah Kota Bandung. Baru setelah itu di salurkan ke sekolah- sekolah. "Karena penerima dana BOS bukan hanya sekolah negeri tetapi juga swasta, sehingga proses pencairannya pun berbeda," jelas Oji.

Untuk negeri menurut Oji, dana BOS itu dimasukkan ke dalam kegiatan dinas pendidikan, sedangkan untuk sekolah swasta disepakati dengan cara hibah. "sehingga diperlukan waktu untuk swasta mempersiapkan proposalnya, agar sesuai dan tepat sasaran dengan kebutuhan,"jelasnya.

Menurut Oji, sampai saat ini proposal yang masuk sudah 85 % nya. Sehingga diperkirakan hari senin sudah bisa dicairkan secara keseluruhan. Dari total 153 M dana BOS untuk Kota Bandung, sekitar 38 M diperuntukan bagi 332 sekolah swasta.

Terkait dengan ancaman dari Menteri Pendidikan, Walikota Bandung Dada Rosada, tidak melihat dari sisi itu, tetapi prosedur yang harus ditempuh agar proses pencairan dana bos tidak ada masalah di kemudian hari.

"Saya mendengar penjelasan kadisdik bahwa diperlukan kehati-hatian dalam pelaksannya, dan sesuai dengan prosedur, Kita kan tidak bisa mempercepat prosedur," ujar Dada.

Dalam proses pencairan BOS ini yang terpenting menurut Dada adalah aspek teknis dan yuridis ditempuh, agar tidak ada masalah di kemudian hari, "yang terpenting aspek teknis dan yuridisnya terpenuhi,"pungkas Dada. (ally)
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Warga Sekitar Semeru Diminta Waspada

Surabaya, (publikaNews) - Warga di sekitar Gunung Semeru di Jawa Timur diminta meningkatkan kewaspadaannya seiring dengan adanya pertumbuhan kubah lava di kawah Jonggring Seloko.

"Masyarakat di sekitar Semeru dan para pendaki kami minta untuk meningkatkan kewaspadaannya," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim, Dewi J Putriatni, di Surabaya, Senin.

Menurut dia, pertumbuhan kubah lava itu sangat berpotensi memunculkan semburan material pijar, bila terjadi letusan yang agak besar.

Hingga saat ini Gunung Semeru berstatus Waspada (level II). Aktivitas kegempaan selama Februari 2011 tercatat telah terjadi 2.300 kali gempa embusan, 45 kali guguran lava, enam kali gempa vulkanik, dan satu kali gempa vulkanik dangkal.

Lima kali gempa tektonik lokal, 45 kali gempa tektonik jauh, dan 244 kali gempa tremor harmonik.

Sementara itu, hasil dari pengamatan visual, telah terjadi letusan asap sebanyak 19 kali dengan warna asap putih tipis, tekanan gas lemah hingga kuat, dan tinggi asap mencapai 100-500 meter yang mengarah ke barat dan utara.

Suara letusan tidak terdengar di pos pengamatan, demikian halnya bara api juga tidak terlihat pada malam hari.

Semburan dan guguran lava pijar tidak teramati, selain itu awan panas guguran dan tektonik juga tidak terjadi.

Beberapa gunung api di Jatim, seperti Lamongan, Arjuno, Welirang, Kelud, Ijen, dan Raung sampai saat ini masih berstatus Aktif Normal (level I), kecuali Gunung Bromo yang masih Siaga (level III).

Di Gunung Kelud tercatat tujuh kali gempa vulkanik dangkal, dua kali gempa vulkanik dalam, 130 kali gempa tektonik jauh, dan empat kali gempa tektonik lokal.

Gunung Lamongan terjadi gempa tektonik jauh sebanyak 15 kali dan vulkanik tipe A sebanyak 12 kali.

Secara visual tidak ada aktivitas yang mencolok di Gunung Lamongan, asap kawah putih tipis dengan tekanan lemah dan tinggi asap mencapai 10-20 meter dari puncak kawah.

Gunung Arjuno tercatat 16 kali terjadi gempa tektonik jauh, empat kali gempa tektonik lolal, sekali gempa vulkanik tipe B, dan 14 kali gempa embusan.

Untuk Gunung Ijen dan Gunung Raung, Dinas ESDM Jatim belum mendapatkan laporan data aktivitasnya dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).(ant)
Senin, Maret 28, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Tiap Hari, Inggris Lahirkan 120 Jutawan Baru

publikaNews - Paska perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia dua tahun lalu, Inggris kini mulai kebanjiran sejumlah jutawan baru. Tercatat sekitar 100 ribu jutawan telah tercipta selama periode tersebut.

Bertambahnya jumlah orang kaya baru Inggris tersebut tidak terlepas dari pemulihan pasar saham, perkembangan wirausahawan baru, serta masuknya orang-orang kaya dari luar negeri.

Data Barclay Wealth, yang dipublikasikan The Sunday Times seperti dikutip dari laman news.com.au menunjukkan, saat ini terdapat sedikitnya 619 ribu jutawan di Inggris. Jumlah itu meningkat dari posisi dua tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 528 ribu jutawan. Kenaikan tersebut setara dengan 120 orang jutawan baru Inggris yang lahir setiap harinya.

Dari jumlah jutawan Inggris tersebut, sebanyak 86 ribu jutawan baru masing-masing memiliki kekayaan lebih dari US$8 juta, atau naik 19 persen dibanding periode sebelumnya.

Studi itu juga meneliti penyebaran kekayaan mulai dari Inggris, Wales, dan Skotlandia. Tercatat, orang kaya Inggris banyak berasal dari London dan bagian tenggara Inggris. Jumlah orang kaya di kedua wilayah itu mencapai 287 ribu orang atau 46 persen dari total seluruh orang kaya di Inggris.

Daerah kedua tempat lahirnya orang kaya baru Inggris adalah di Midland,yang mencapai 92 ribu orang jutawan. Disusul kawasan barat daya Inggris yang memiliki jumlah orang kaya sebanyak 64 ribu orang.

Sebelumnya, Forbes sempat mengeluarkan daftar 1.210 miliarder terkaya di dunia. Forbes menempatkan Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$74 miliar.

Dari 1.210 miliarder terkaya di dunia, Forbes mencatat 32 miliarder di antaranya berasal dari Inggris. Posisi pertama miliarder terkaya di Inggris ditempati Gerald Cavendisk Grosvenir dan keluarga yang ditaksir memiliki kekayaan hingga US$13 miliar. Pengusaha real estate itu tercatat sebagai orang terkaya ke-57 di dunia.

Di antara nama-nama pengusaha terkenal asal Inggris yang masuk dalam daftar miliarder versi Forbes terdapat Richard Branson. Pemilik bisnis Virgin yang sedang mengembangkan usaha penerbangan luar angkasa komersial itu diperkirakan memiliki kekayaan hingga US$4,2 miliar. Benson berada di posisi ke-254 sebagai orang terkaya di dunia.

Joanne JK Rowling yang menerbitkan buku Harry Potter juga tercatat sebagai miliarder terkaya di Inggris. Dengan posisi yang lebih rendah dibandingkan miliarder lain dalam daftar Forbes, JK Rowling ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$1 miliar. (vn)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Pemain Berpenghasilan Tertinggi di Dunia

publikaNews - Bintang Barcelona Lionel Messi menjadi pemain dengan pendapatan tertinggi di dunia. Messi mengungguli rivalnya Cristiano Ronaldo yang bermain di Real Madrid, dan menduduki peringkat kedua.

Berdasarkan survei yang dilakukan majalah France Football, pemasukan Messi mencapai 31 juta euro setiap tahun. Pendapatan itu berasal dari gajinya di Barca dan berbagai kontrak komersial. Pemasukannya lebih besar 3,5 juta euro dari yang diterima Ronaldo.

Sementara itu, seperti dikutip Goal, striker Manchester United Wayne Rooney berada di posisi ketiga. Pemasukan Rooney mencapai 20,7 euro juta setiap tahun.

Rooney disusul oleh veteran Los Angeles Galaxy, David Beckham. Pemasukan mantan kapten tim nasional Inggris ini mencapai 19 juta euro. Sedangkan striker New York Red Bulls, Thierry Henry, berada di peringkat 11 dengan pemasukan 13,6 juta euro.

Untuk kategori manajer tim, pelatih Madrid Jose Mourinho menduduki peringkat teratas. Pemasukannya setiap tahun mencapai 13,5 juta euro. Da disusul rivalnya, Pep Guardiola. Pelatih Barca ini menerima 10,5 juta Euro.

Menariknya, Rafael Benitez yang saat ini masih menganggur justru menduduki peringkat tiga. Mantan pelatih Inter Milan ini mendapat pemasukan 10,2 juta euro. Manajer tim nasional Inggris Fabio Capello berada di posisi empat dengan pemasukan 8,5 juta euro. (vn)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Video Seks 'Anwar Ibrahim' Gemparkan Malaysia

publikaNews - Malaysia dihebohkan beredarnya video adegan mesum yang ditengarai adalah pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim dengan seorang pekerja seks komersial dari China. Kepada wartawan, Anwar membantah keras bahwa pria di rekaman itu adalah dirinya.

Seperti dilansir Straitstimes.com, Selasa, 22 Maret 2011, video itu berdurasi sekitar 30 menit, direkam pada 21 Februari 2011, dan ditemukan di sebuah hotel di Kuala Lumpur, Malaysia.

Video ini terungkap ketika seorang pria yang hanye menyebut namanya sebagai 'Datuk T' mengajak beberapa wartawan, secara sendiri-sendiri, ke sebuah kamar hotel. Di situ, para jurnalis itu kemudian diperlihatkan beberapa cuplikan dari video seks itu.

Datuk T minta wartawan untuk menonton dahulu cuplikan video itu sebelum mengirimkan salinan video itu ke Anwar dan istrinya "untuk mengindentifikasi orang di video itu" seminggu setelah hari itu. Datuk T menyatakan, jika orang di video itu adalah memang Anwar Ibrahim, "maka Anwar dan istrinya harus mundur dari politik."

Datuk T menyatakan Anwar jelas bukanlah "tipe orang yang taat beribadah, punya moral dan integritas tinggi seperti digambarkan selama ini, dan karena itu tidak pantas menjadi seorang pemimpin." Datuk T mengancam jika Anwar dan istrinya tidak mundur dari politik, "Saya akan meminta sejumlah LSM untuk mendirikan komisi independen untuk menyelidiki dan meminta pakar forensik untuk meneliti keaslian rekaman itu."

Lantas, bagaimana Datuk T bisa menemukan video gawat itu?

Dia mengaku menemukannya secara tak sengaja setelah dia diminta Anwa untuk mencarikan arlojinya di kamar hotel di mana adegan mesum itu berlangsung.

Anwar membantah

Anwar Ibrahim yang kini masih menjalani sidang pengadilan kasus tuduhan sodomi, membantah keras dialah yang terekam dalam video berkategori xxx itu. Dia menegaskan, itu merupakan serangan yang sangat keji terhadap dia dan keluarganya.

"Saya dengan tegas membantah itu," kata Anwar seperti dilansir Straitstimes, 22 Maret 2011.

Menurut Anwar, pria di video itu memiliki perut yang lebih gendut darinya. "Coba lihat, perutnya lebih besar dari saya," kata Anwar dalam jumpa pers, di mana dia didampingi istrinya, Datuk Seri Wan Azizah Wan Ismail, dan sejumlah pemimpin oposisi lainnya.

Anwar sendiri mengaku belum pernah menonton video itu. Pada saat video direkam, yang disebut tanggal 21 Februari, Anwar mengaku sedang berada di rumah bersama istri, staf, anak, dan cucu-cucunya. (VN)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Presiden SBY Resmikan JIDD 2011

Jakarta, (publikaNews) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) yang diselenggarakan bersama oleh Departemen Pertahanan dan Universitas Pertahanan.

JIDD yang baru pertama kali diselengarakan di Indonesia pada 23-25 Maret 2011 itu akan dibuka pada pukul 10.00 WIB di Jakarta Convention Center, Rabu.

JIDD bertema ?Strengthening Security and Stability? dihadiri oleh perwakilan dari 40 negara yang melibatkan menteri pertahanan serta panglima dari beberapa negara.

Dialog akan menghadirkan 50 orang pembicara internasional yang diikuti oleh 1.300 perserta dari luar negeri.

JIDD bertujuan mempertemukan para pemimpin, perwira militer, akademisi, dan pembuat kebijakan dari seluruh wilayah Asia Pasifik dan sekitarnya untuk memperkuat harmonisasi prioritas keamanan dan strategi serta dialog dan keterlibatan antara pasukan pertahanan yang sangat penting bagi stabilitas masa depan wilayah Asia Pasifik.

Selain itu, JIDD juga bertujuan untuk mempromosikan kerjasama antar pemerintah guna menghadapi berbagai ancaman dan permasalahan keamanan baik di kawasan regional maupun internasional.

Terdapat tiga tema yang akan diangkat dalam JIDD 2011, yaitu membangun kerjasama strategis dalam memperkuat stabilitas keamanan di kawasan internasional, peningkatan keterbukaan di kawasan internasional baik dalam hal kerjasama maupun organisasi, serta membentuk model strategis pertahanan keamanan.

Selain dijadwalkan memberikan pidato pembukaan, Presiden Yudhoyono pada acara yang dihadiri oleh Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan juga Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean itu juga direncanakan meninjau pameran alat pertahanan.(ant)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Tiga Keluarga Ahmadiyah Kota Bandung Bertobat

Bandung, (publikaNews) - Tiga keluarga Ahmadiyah warga Babakan Tarogong Kota Bandung, terdiri 5 orang dewasa dan tiga anak bertobat dan menyatakan masuk Islam. Ikrar masuk Islam berikut ajarannya ajarannya sesuai Quran dan hadist, diawali pengucapan istigfar dan dua kalimat syahadat dihadapan Kepala Kementerian Agama Kota Bandung, H. Diding M. Hasan, di Masjid Raya Ukhuwah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (231/03).

Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada yang hadir bersama Sekda, H. Edi Siswadi dan turut menandatangani ikrar sebagai saksi, menyatakan, pengucapan dua kalimah syahadat setidaknya akan mengingatkan mereka bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Muhammad SAW adalah nabi serta Rasul Allah terakhir yang patut diimani. “Kesadaran yang tentunya harus diapresiasi,”ujarnya.

Dada menilai, kembalinya tiga keluarga Ahmadiyah untuk melaksanakan ajaran Islam yang sebenarnya, merupakan awal yang baik menuntaskan isu Ahmadiyah di Kota Bandung. Penyelesaian yang dinilainya santun, akrab dan beradab. Dirinya ingin, Kota Bandung jadi rumah bersama dan kota yang ramah bagi semua. Apalagi Bandung dikatakannya adalah kota agamis, kota yang tidak memberi ruang bagi terjadinya tindak kekerasan.
“Apa yang terjadi hari ini, hasil dialogis dan upaya ajakan yang tidak anarkis. Solusi penyelesaian beradab yang menjamin Kota Bandung tetap kondusif. Kita tidak berharap timbul anarkis apalagi sampai menimbulkan instabilitas dan terkoyaknya nilai-nilai kemanusiaan,” tandasnya.

Khususnya kepada masyarakat dan alim ulama, Dada juga mengajak untuk meningkatkan intensitas pembinaan umat sekaligus memperkuat mata rantai sistem hubungan sosial yang berdasarkan pendekatan dialogis. Perbedaan dituntaskan tidak saja dilakukan dengan cara-cara santun tapi juga Islami. “Kita perlakukan mereka sebagai warga kota lainnya yang harus dilindungi. Kita bantu tingkatkan pendidikannya, kesehatannya juga bidang kemakmurannya,” ujarnya sekaligus berharap warga Ahamadiyah lainnya di Kota Bandung secara bertahap masuk Islam.

Wakil Ketua MUI Kota Bandung, H. Maman Abdurahman yang juga Ketua BAZ Kota Bandung dalam tauziyahnya menyatakan, alasan umat muslim menolak Ahmadiyah, karena umat Islam merasa Gulam Ahmad telah mengganggu hak orang Islam dengan cara memplagiat Al Quran. “Gulam Ahmad plagiator Al Quran. Mirza Gulam Ahmad mengaku nabi sementara wahyu diterimanya mengambil dari ayat-ayat Al Quran dan Hadist Nabi,” paparnya menyebutkan beberapa contoh yang diplagiat Gulam Ahmad dalam ayat-ayat yang diilhamkan kepadanya dalam kitab Tadzkirahnya.

Dalam kitab Tadzkirahnya yang banyak mengambil dari ayat-ayat Al Quran, menurutnya, Gulam Ahmad sudah melanggar batas ketinggian hak-hak Allah dan Rasul-Nya. “Golongan Ahmadiyah dinilai kafir karena mereka memiliki Nabi sendiri. Teks Al Quran diambil, dicomot sepotong-sepotong, disambung dengan ayat lain dan diubah-ubah. Orang seperti ini dilihat dari aspek hukum positif sudah termasuk plagiator. Wajar bila MA Pakistan memutuskan mereka diluar Islam,” ungkapnya. (ally)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Tabur Bunga Mengenang Bandung Lautan Api

Bandung, (publikaNews) - Dua hari menjelang peringatan Bandung Lautan Api (BLA) 2011, Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi, Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan, Dandim 0618/BS Letkol Inf. Yutfi Senjaya, Legiun Veteran Kota Bandung, sejumlah pejabat Kota Bandung, dan anggota Korpri melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Selasa (22/03).

Tabur Bunga di awali dengan upacara penghormatan dan peletakan karangan bunga oleh ketua LVRI Kota Bandung Sudirman. Setelah itu Sekda Kota Bandung dan Ketua DPRD juga ikut melakukan tabur bunga di makam para pahlawan.

Peristiwa Bandung Lautan Api sendiri, terjadi tepatnya tanggal 24 Maret 1946. Dimana para tentara dan warga Bandung melakukan pembumihangusan kota, agar tentara sekutu tidak dapat menduduki dan mempergunakan fasilitas yang ada di Bandung saat itu.

Peristiwa BLA itu harus terus dikenang dan diperingati, sebagai upaya untuk mengenang betapa hebatnya masyarakat Bandung saat itu, mempunyai jiwa nasinalisme dan mengorbankan apa yang dimilikinya untuk kepentingan bangsa yang lebih luas. Hal tersebut diungkapkan Edi Siswadi setelah melakukan tabur bunga.

Edi pun mengungkapkan, dengan mengenang peristiwa kepahlawanan, generasi muda akan dapat melihat jiwa kepahlawanan dan pengorbanan pendahulunya. Sehingga jangan sampai semangat pengorbanan itu luntur kalangan generasi muda. "Karena tidak tahu sejarah masa lalu, jangan sampai ke depan untuk membela bangsa dan negara tidak ada keinginan," jelas Edi.

Saat ini, menurut Sekda rasa nasionalisme itu harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan, agar tidak terjadi lagi penjajahan, meskipun penjajahan dalam bentuk yang lain, seperti bidang ekonomi. Saat ini, meskipun sumber daya alam kita melimpah, tetapi lebih banyak dikelola oleh pihak lain, karena ketidakmampuan dalam mengelolanya. " Agar hal tersebut tidak terjadi lagi maka pendidikan itu merupakan hal yang sangat penting, dan perlu ditingkatkan," Jelas Sekda.

Selanjutnya, sekda pun mengatakan betapa pentingnya pendidikan, supaya penjajahan bidang ekonomi itu bisa dilawan, karena negara Indonesia itu bukanlah kelas pekerja apalagi kelas pelayan. "Kita ini sebagai pemilik kekayaan alam, sudah seharusnya bisa menjadi pemiliknya, karena untuk dapat mengelolanya diperlukan pendidikan, makanya kita harus memajukan dunia pendidikan " pungkasnya.

Sementara itu menurut ketua LVRI Sudirman, jumlah pejuang yang ikut BLA sekitar ribuan orang, tetapi yang masih hidup saat ini veteran tersebut hanya sekita 140 orang. "Dulu sih yang ikut berjuang jumlahnya banyak, tetapi yang masih hidup saat ini sekitar 140 orang," ujarnya.

Dirinya dan veteran yang lainnya merasa bangga menjadi bagian dari peristiwa heroik tersebut, dan dapat berperan bagi kepentingan bangsa. "Saya bangga bisa menjadi bagian sejarah, dan membantu bangsa dan negara ini," ucapnya. (ally)
Rabu, Maret 23, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Arema Bidik Kemenangan

Malang, (publikaNews) - Arema Indonesia membidik kemenangan pertama di kandang Persiba Balikpapan dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) yang digelar Rabu (23/3) setelah menorehkan tren negatif dengan empat kali kekalahan pada laga terakhirnya.

Empat kekelahan beruntun yang dialami Arema Indonesia adalah ketika dijamu Cerezo Osaka Jepang di ajang Liga Champions Asia (2/3), ketika laga luar kandang menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura (7/3), Persiwa Wamena (10/3), dan laga kandang menjamu Jeonbuk Hyundai Motors Korea Selatan diajang LCA (16/3).

Pelatih Arema Indonesia Miroslav Janu, Senin mengatakan, anak asuhnya saat ini dalam kondisi bagus, bahkan motivasi pemain juga berlipat."Saya yakin kami pasti mampu mencuri poin di kandang Persiba Balikpapan," katanya.

Ia mengemukakan, kekalahan dalam empat laga terakhir yang dialami anak asuhnya bukan semata-mata kesalahan pemain, namun juga disebabkan faktor nonteknis terutama masalah finansial yang mendera tim berjuluk Singo Edan itu.

Oleh karena itu, katanya, beban berat yang dipikul harus disikapi dengan tidak perlu emosi, meski tensi pertandingan.

"Anak-anak harus mampu mengendalikan emosinya, apalagi yang sudah mengantongi kartu kuning," tegas Janu. Untuk meladeni tim berjuluk Beruang Madu itu, pelatih asal Cekoslovakia itu membawa 18 dari 29 pemain yang dimilikinya.

Ke-18 pemain Arema yang diboyong ke Balikpapan itu di antaranya adalah Kurnia Meiga, Syaifuddin, Noh Alam Shah, Esteban Guillen, Achmad Bustomi, Zulkifly Syukur, Benny Wahyudi, M. Ridhuan, Hendra Ridwan, TA Musafri, Leonard Tumpamahu, Chamelo Roman, Juan Revi, dan Waluyo serta Achmad Amiruddin.(ant)
Senin, Maret 21, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Pengaturan BBM Bersubsidi Tak Jadi April

Jakarta, (publikaNews) - Pemerintah menunda program pengaturan bahan bakar minyak bersubsidi dari sebelumnya direncanakan pada April 2011.

Pengunduran waktu tersebut disampaikan secara resmi oleh Menteri ESDM Darwin Saleh kepada Komisi VII DPR dalam rapat kerja di Jakarta, Senin. Namun Darwin tidak menyebutkan waktu pengunduran tersebut.

Dalam rapat kerja itu, Darwin juga tidak menyampaikan opsi pengaturan. Ia hanya menyampaikan tiga opsi pengaturan yang merupakan hasil kajian konsorsium tiga universitas dan posisi pemerintah atas hasil kajian.

Menurut Darwin, posisi pemerintah atas hasil kajian konsorsium adalah tidak ada kenaikan harga BBM bersubsidi dan menjaga BBM bersubsidi tepat sasaran dan volume.

Ia juga mengatakan, guna mengatasi kelebihan kuota dan sambil menunggu pelaksanaan program pengaturan BBM bersubsidi, maka akan dilakukan peningkatan pengawasan dengan memperkuat kelembagaan dan sosialisasi.

"Kemudian, mengintensifkan persiapan alat kendali dan sistem pendukung serta mengembangkan bahan bakar alternatif yang terjangkau di samping pertamax," katanya.

Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKB, Nur Yasin menyetujui pengunduran waktu pelaksanaan program pengaturan BBM bersubsidi.

"Kami pikir diundur sampai September-Oktober 2011 cukup realistis," ujarnya.

Menurut dia, program pengaturan BBM harus dimulai tahun ini guna menekan angka subsidi. Pemerintah memperkirakan volume BBM subsidi akan meningkat hingga 42 juta kiloliter atau naik 3,5 juta kiloliter dibanding kuota APBN 2011 sebesar 38,5 juta kiloliter.

Kenaikan volume 3,5 juta kiloliter diperkirakan meningkatkan subsidi Rp7 triliun. (ant)
Senin, Maret 21, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Cicit Soeharto Gunakan Narkoba Bareng Perwira Polisi

Jakarta, (publikaNews) - Anggota Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menangkap cicit mantan Presiden Soeharto berinisial PA saat mengkonsumsi narkoba bersama polisi Mabes Polri, Ajun Komisaris Besar Polisi ES.

"ES, GN dan PA ditangkap polisi saat menggunakan shabu di suatu hotel di Jakarta Jumat (18/3)," kata Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Anjan Pramuka Putra di Jakarta, Senin.

Kombes Anjan mengatakan polisi menyita barang bukti shabu seberat 0,88 gram saat menangkap ES, GN dan PA.

Perwira menengah kepolisian itu, menjelaskan penangkapan pengguna narkoba tersebut berawal saat petugas menciduk JS di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (27/3), dengan barang bukti shabu seberat 0,54 gram.

JS mengaku mendapatkan barang haram tersebut, dari pelaku lainnya, GN yang diduga sebagai bandar shabu.

Berdasarkan keterangan JS, polisi mengembangkan jaringan narkoba berinisial GN yang memasok barang kepada JS.

Akhirnya, petugas menangkap GN saat menggunakan shabu bersama polisi berinisial ES dan PA dengan barang bukti peralatan shabu dan 0,88 gram shabu.

Selanjutnya, petugas menangkap AT dengan barang bukti 32,30 gram shabu di warung nasi sekitar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan RF yang mengantongi 500 butir ekstasi di terminal Grogol, Jakarta Barat.

Anjan menyebutkan AKBP ES yang diduga mengguna narkoba merupakan anggota Mabes Polri pada bagian keuangan.

Terkait dengan penangkapan salah satu keluarga mantan penjabat tersebut, Anjan mengungkapkan pihaknya tidak memandang siapa pun yang menggunakan narkoba.

"Di mata hukum siapa pun sama karena undang-undang yang mengatur," ujar Anjan.

Keenam tersangka pengguna narkoba itu, dikenakan Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba.(ant)
Senin, Maret 21, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Iming Ahmad, Jalan Sebaiknya Pakai Kontruksi Beton

Bandung, (publikaNews) - Sehingga beban yang diterimanya pun cukup besar untuk menopang bidang sosial dan ekonomi, termasuk ruas-ruas jalan yang ada di Kota Bandung, sehingga diperlukan strategi yang tepat agar jalan-jalan tidak cepat rusak.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Iming Ahmad, salah satu strategi yang digunakan agar jalan tidak cepat rusak akibat beban yang diterimanya dan faktor hidrologis (daerah cekungan) adalah dengan cara menggunakan konstruksi beton.

"Dengan Konstruksi beton, jalan bisa tahan 5 sampai 10 tahun, bahkan seperti jalan Lingkar Selatan bisa tahan sampai 24 tahun," Ujar Iming kepada wartawan di ruang media, Dinas Komunikasi dan Informatika, jalan Wastukancana No. 2, Jumat (18/3).

Untuk tahun 2011, menurut Iming, DBMP akan menangani sekitar 192 ruas jalan dan 8 buah jembatan. Dengan panjang jalan sekitar 78,968 KM dan 69% (55,277 KM) menggunakan konstruksi beton sedangkan sisanya sekitar 23,691 KM (31%) menggunakan Hotmix. Panjang jalan yang diperbaiki ini sekitar 21% dari jalan yang rusak di Kota Bandung. Tercatat total Panjang jalan di Kota Bandung sekitar 1.200 KM dan 30% (360 KM) dalam keadaan rusak.

Dari 192 ruas jalan tersebut, menurut Iming dibagi kedalam 126 Paket, karena ada beberapa ruas jalan yang menyambung, seperti jalan Purwakarta, Kuningan Raya dan Cibodas Raya, hal tersebut untuk mengefisienkan dari segi administrasi. "Jalan-jalan tersebut tidak semuanya dibangun, karena ada beberapa yang diperbaiki, seperti jalan terusan Gegerkalong Hilir sampai dengan batas kota," jelas Iming.

Iming juga menuturkan, untuk perbaikan jalan dan jembatan tersebut dianggarkan sekitar 128 Milyar dari APBD Kota Bandung. Selain itu, Pemkot Bandung juga menerima bantuan dari Provinsi sebesar 13,717 Milyar dari ajuan sekitar 32 M. "Bantuan yang dari Provinsi ini digunakan untuk perbaikan-perbaikan yang lainnya di luar yang 126 paket tadi," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lelang untuk pengerjaan proyek ini sudah dilakukan, sehingga untuk pengumuman lelang tahap pertama akan didapatkan sekitar akhir Maret, dan pertengahan Mei sudah bisa dimulai perbaikan jalannya.

Jalur Sepeda Terkait dengan jalur sepeda, Iming menjelaskan bahwa catnya bukan luntur tetapi hanya kotor saja, apabila dibersihkan maka akan kelihatan kinclong lagi. "hal tersebut saya rasa karena jalur sepeda ini, juga dipakai oleh kendaraan lain, dan juga terkena hujan, cat yang paling bagus saja tidak akan tahan apabila terkena hal-hal tersebut," Jelas Iming.

Berdasarkan evaluasi, menurut Iming tahun 2011 DBMP tidak menganggarkan lagi untuk pengecatan jalur sepeda, tetapi masa perawatannya masih sampai April 2011.

Sedangkan untuk tahun-tahun selanjutnya, jalur sepeda itu hanya akan menggunakan marka jalan atau garis putus-putus dan gambar sepeda di tengahnya. "Hal ini untuk menghemat biaya juga," ujarnya.

Lebih lanjut Iming pun menjelaskan, marka jalan untuk jalur sepeda itu akan menggunakan marka panas, meskipun pembiayaannya lebih mahal tetapi daya tahannya lebih lama. "Prinsipnya daripada seratus meter tidak tahan setahun, lebih baik 50 meter tapi tahan 5 tahun," pungkas kepala DBMP.(ally)
Senin, Maret 21, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Tsunami Jepang, China Alihkan Pasar ke RI

publikaNews - Kalangan politisi mengkhawatirkan dampak tsunami Jepang yang berimbas pada melemahnya permintaan konsumsi masyarakat akan menyebabkan produk-produk China menyasar pasar baru, termasuk Indonesia.

“Adanya dampak tidak langsung terhadap Indonesia, misalnya China yang ikut kehilangan pasar ekspornya di Jepang, akan mencari pasar baru," kata anggota Komisi Perdagangan, Industri, dan BUMN Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ecky Awal Mucharam, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2011.

Menurut anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, kekhawatiran pengalihan pasar produk China dari Jepang itu berkaca pada krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat (AS) pada 2008. Saat itu, produsen China berupaya mencari pasar baru untuk menjual produk-produknya karena kelesuan permintaan dari konsumen di AS.

Melihat gejala tersebut, Ecky khawatir hal yang sama akan dilakukan oleh produsen China yang kehilangan pangsa pasarnya di Jepang. "Pemerintah perlu mengantisipasi hal ini," katanya.

Ecky yakin, selain China, Indonesia juga akan mengalami dampak lesunya kegiatan ekspor impor dengan Jepang. Padahal, Jepang selama ini merupakan salah satu mitra dagang terpenting bagi Indonesia.

Catatan PKS menunjukkan, ekspor minyak bumi dan gas (migas) ke Jepang selama ini mencapai 33,11 persen dari total ekspor migas nasional. Sementara itu, ekspor non migas Indonesia mencapai 12,71 persen.

Dari sisi impor, Jepang selama ini berperan signifikan dalam sektor non migas dengan kontribusi mencapai 15,62 persen dari total impor nasional. Dari sisi migas, tercatat impor dari Jepang hanya mencapai 0,2 persen.

Melihat besarnya ketergantungan Indonesia pada impor barang-barang dari Jepang, Ecky memperkirakan tsunami Jepang akan menganggu sektor industri nasional. Sebab, sekitar 93 persen impor Indonesia dilakukan untuk memenuhi keperluan bahan baku penolong dan barang modal.

Sementara itu, untuk kegiatan impor barang konsumsi hanya tercatat sebesar tujuh persen.

Untuk itu, politisi PKS itu berharap ketergantungan ekonomi yang besar pada Jepang dapat memotivasi pemerintah untuk mulai melakukan diversifikasi pasar ekspor dan impor. "Sehingga, jika ada negara mitra dagang terkena krisis atau bencana, dampaknya tidak terlalu besar bagi Indonesia,” kata dia. (VN)
Sabtu, Maret 19, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Ada Barisan Sakit Hati yang Merusak PKS

Jakarta, (publikaNews) - DPP Partai Keadilan Sejahtera menganggap tuduhan yang dialamatkan kepada Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, dan Sekjen PKS, Anis Matta, tidak berdasar, tanpa bukti, sekedar fitnah sehingga tidak perlu dirisaukan. Laporan itu sudah diterima Badan Kehormatan DPR.

Yang melaporkan kasus ini adalah Kiai Haji Yusuf Supendi. Yusuf adalah satu dari 50 pendiri partai itu. Isi laporannya adalah bahwa Lutfi Hassan Ishaag telah berdusta, Anis Matta menilep uang dan partai itu menerima uang dari Timur Tengah. (Soal tuduhan itu baca selengkapnya di sini)

Menurut Wakil Sekjen PKS Fahri Hamzah, tuduhan-tuduhan tersebut dirancang oleh sekelompok orang-orang yang pernah berada didalam PKS yang keluar dan tidak suka dengan kemajuan PKS saat ini.

"Tidak ada yang kami khawatirkan, ini kan hanya cara sekelompok orang yang tidak suka dengan kemajuan PKS. Segala cara dihalalkan," Ungkap Fahri Hamzah kepada VIVAnews, Kamis 17 Maret 2011.

PKS, kata dia, sejauh ini belum bertindak guna merespon pengaduan Yusuf Supendi itu. Ia yakin tuduhan-tuduhan tersebut tidak didukung dengan data-data yang akurat.

"Mereka datang cuma bawa tumpukan laporan tidak ada data yang valid, saya rasa Badan Kehormatan juga banyak laporan lain pasti dipilah-pilah," kata Anggota DPR Komisi III ini.

Wakil Sekjen PKS ini menganggap ada barisan sakit hati yang berusaha merusak PKS. Fahri menjelaskan mereka terbagi atas tiga kategori. Pertama, yang sakit hati karena PKS diterima publik karena moderasinya. Kedua, sakit hati karena dipecat atas kasus korupsi dana partai. Ketiga, dipecat karena persoalan moral lainnya.

Setahun sebelumnya PKS telah memecat Yusuf dari keanggotaan partai karena pelanggaran disiplin organisasi. Yusuf dikeluarkan melalui mekanisme yang sudah ditetapkan dalam AD/ART yaitu BPDO (Badan Penegak Disiplin Organisasi) atau dulu disebut Dewan Syariah Partai.

"Mereka profesional. Ada auditor, investigator, lawyer dan ahli syariah. Proses pemecatan keanggotaannya pun dengan pertimbangan yang detail dan akurat," terangnya.(VN
Sabtu, Maret 19, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

8 Negara yang Dihukum FIFA

publikaNews - Banyak negara yang menjadi anggota Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) pernah dijatuhi sanksi. Salah satu penyebab yang mendominasi adalah intervensi pemerintah terhadap kepengurusan federasi sepakbola di suatu negara.

Berikut ini delapan negara yang terkena sanksi FIFA:

1. Yunani

Federasi Sepakbola Yunani (EPO) mendapatkan sanksi karena tidak mematuhi Statuta FIFA. FIFA melarang EPO mengikuti kompetisi internasional, karena adanya dugaan politisasi dunia sepakbola di negara tersebut.

Sanksi yang diterima EPO termasuk paling singkat, yakni 3-7 Juli 2006. Sanksi dicabut setelah EPO mematuhi Statuta FIFA. Federasi setuju memperbaiki mekanisme pengelolaan keuangan olahraga mereka dan mensyaratkan harus diteliti parlemen setempat. Setelah dilakukan perbaikan, FIFA pun menerimanya dan kemudian mencabut sanksi terhadap Yunani.

2. Kuwait

FIFA menjatuhkan vonis menghukum Federasi Sepakbola Kuwait (KFA) pada tanggal 30 Oktober 2007. Penyebabnya karena ada intervensi pemerintah dalam proses pemilihan ketua umum dan dewan pengurus KFA. Kuwait dilarang mengikuti semua pertandingan di level internasional. Sanksi itu juga diberlakukan bagi pemain timnas senior dan klub.

Setelah dilakukan pemilihan ulang pada dan terpilih ketua dan pengurus yang baru, FIFA pun mencabut sanksi pada 15 November 2007.

3. Brunei Darussalam

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Brunei Darussalam pada tahun 2009. Sanksi dijatuhkan setelah adanya intervensi pemerintah, yakni setelah Sultan Brunei membentuk kepengurusan baru federasi sepak bola di negaranya pada Desember 2008. Hingga sekarang, hukuman tersebut masih belum dicabut oleh FIFA.

4. Peru

FIFA menghukum Peru tak boleh mengikuti semua laga internasional. Hukuman itu dijatuhkan setelah terjadi konflik antara pemerintah dan Federasi Sepakbola Peru (FPF) sejak 25 November2008. Pemerintah Peru tak mau mengakui terpilihnya Manuel Burga sebagai Presiden FPF.

Perselisihan itu membuat Peru kehilangan hak menyelenggarakan kejuaraan U-20 Amerika Selatan. Selain itu, klub-klub Peru juga dilarang untuk mengikuti turnamen Copa Libertadores. Wasit-wasit asal Peru juga dilarang memimpin pertandingan internasional apapun.

Sanksi FIFA baru dicabut satu bulan kemudian, 20 Desember 2008.

5. Iran

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Iran (IRIFF) pada 26 November 2006, juga karena adanya campur tangan pemerintah. IRIFF dinilai tidak mengindahkan peraturan FIFA soal kemandirian dan tata cara pergantian kepemimpinan.

Sanksi dijatuhkan setelah terpilihnya Mohammed Dadgan sebagai presiden IRIFF untuk kedua kalinya. Padahal, di bulan Agustus FIFA sudah memperingatkan IRIFF dengan memberi tenggat waktu hingga 15 November 2006 untuk melakukan pemilihan ulang.

Setelah pemilihan ulang digelar, FIFA mencabut sanksi pada 17 Desember 2006.

6. Nigeria

Sanksi FIFA dijatuhkan kepada Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) pada 4 Oktober 2010, lagi-lagi karena soal campur tangan pemerintah. Akibatnya, Nigeria sempat dilarang bermain di laga internasional manapun.

Sanksi itu bermula setelah Sekjen NFF mundur atas intruksi Komisi Olahraga Nasional dan Menteri Olahraga setempat dengan tujuan untuk meniadakan mekanisme degradasi di Liga Nigeria.

Sanksi FIFA baru dicabut empat hari kemudian pada 8 Oktober 2010.

7. Ethiopia

Federasi Sepakbola Ethiopia (EFF) dihukum pada tahun 2008. Penyebabnya, FIFA menilai pemerintah telah campur tangan dalam proses pemecatan Presiden EFF. FIFA melarang Ethiopia bermain di semua kompetisi internasional. Bahkan, Ethiopia sempat dikeluarkan dari ajang kualifikasi Piala Dunia 2010 meski telah melakoni empat pertandingan kualifikasi.

Setelah Presiden EFF baru terpilih, melalui proses pemilihan yang diawasi FIFA dan Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF), FIFA pun mencabut sanksi pada November 2008.

8. Irak

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Irak (IFA) pada 20 November 2009, setelah muncul sengketa antara IFA dengan Komite Olimpiade Irak. Tak tanggung-tanggung, FIFA membekukan keanggotaan IFA. Selain itu, hak suara IFA dalam setiap kongres FIFA pun dicabut dan mereka tak lagi berhak menerima bantuan finansial tahunan dari FIFA.

Komisi Darurat FIFA memberi tenggat waktu bagi IFA dengan Komite Olimpiade Irak untuk menyelesaikan sengketa di antara mereka. Setelah beres, baru pada bulan Maret 2010, FIFA mencabut sanksi.

Pada tahun 2008, juara Piala Asia 2007 ini juga nyaris dijatuhi sanksi FIFA, setelah pemerintah Irak berniat membubarkan IFA. (VN)
Sabtu, Maret 19, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Gadis Muslim Wakili Inggris di Miss Universe

Inggris, (publikaNews)- Seorang gadis muslim berharap dapat membuat sejarah dengan mewakili Inggris di kontes Miss Universe. Dia adalah Shanna Bukhari, mahasiswi jurusan Sastra Inggris berusia 24 tahun.

“Gadis-gadis muslim umumnya tidak mengikuti kompetisi ini karena Islam tidak mengizinkannya. Tapi menurut saya, ada banyak hal lain di dalam kompetisi ini ketimbang hanya menjadi cantik,” kata Shanna.

“Saya ingin gadis-gadis lain dari komunitas muslim merasa, meraka dapat melakukan ini. Keluarga saya mendukung saya, dan teman-teman saya– termasuk yang mengenakan jilbab– juga mendukung saya,” tegas Shanna seperti dikutip dari The Sun. Shanna pun tidak ambil pusing dengan sesi bikini yang secara tradisional menjadi bagian dari kontes Miss Universe.

Shanna yang berasal dari Rochdale, Greater Manchester, berhasil masuk ke babak final Miss British setelah lolos kualifikasi Miss Universe Asiana–sebuah kontes kecantikan untuk gadis-gadis Asia yang tinggal di Inggris. Ia dan 59 gadis lainnya akan bersaing pada malam final yang akan digelar di Birmingham pada bulan Mei 2011 mendatang.

Shanna mengakui bahwa keputusannya untuk mengikuti kontes kecantikan ini telah menuai kritik dari sejumlah anggota komunitas muslim. “Tiga pria menulis di Facebook bahwa mereka tidak akan mendukung saya karena saya berbuat dosa. Mereka berkata saya akan membusuk di neraka,” cerita Shanna. “Tapi inilah keinginan saya. Ini bukan tentang penampilan,” imbuh Shanna.

Pemenang Miss British berhak untuk mewakili Inggris di kompetisi Miss Universe yang akan dilangsungkan di Sao Paulo, Brazil, pada 12 September 2011. Pihak panitia Miss British sendiri menyambut baik niat Shanna untuk memenangkan kompetisi ini. “Sangat menyenangkan melihat final Miss British tahun ini merefleksikan multikulturalisme pada masyarakat Inggris modern,” pungkasnya. (vn)
Sabtu, Maret 19, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Lahar Dingin Masih Berpotensi

Yogya, (publikaNews)- Sejumlah ahli mengkhawatirkan, hujan deras yang mengguyur wilayah itu dalam beberapa hari ini akan membawa material batu dalam ukuran besar.

Menurut Vulkonolog Universitas Gajah Mada, Bambang Widjaya Hariadi, dalam pemetaan yang dilakukan peneliti Geologi UGM pada aliran lahar dingin yang melewati Kali Opak dan Gendol, menghasilkan endapan pasir, kerikil, dan bongkahan yang berjarak enam kilometer dari wilayah Candi Prambanan.

Sedangkan endapan pasir di Kali Sabo Kecamatan Ngakglik Lama, hanya berjarak dua kilometer dari candi itu. ”Kami khawatir jika sudah membawa bongkahan batu-batu besar,” kata Hariadi.

Tapi menurutnya, saat ini Candi Prambanan yang merupakan salah satu keajaiban dunia dinilai masih aman dari ancaman lahar dingin. Namun bila hujan dengan intensitas tinggi terus terjadi, kawasan candi sangat riskan diterjang banjir lahar dingin yang menyeret bongkahan batu ukuran besar. ”Bila curah hujan ekstrem, maka ancaman itu akan tetap ada,” paparnya.

Guna mengantisipasi banjir lahar dingin menerjang kawasan Candi Prambanan, Hariadi mengusulkan untuk memperdalam sungai serta meninggikan tanggul, tidak terjadi luberan lahar dingin. ”Perlu segera dilakukan untuk mengantisipasi banjir lahar dingin menerjang Candi Prambanan, termasuk rumah penduduk,” ujarnya.

Sementara peneliti geologi dari UGM, Dwikorita menyatakan, keberadaan pasir yang menumpuk di Kecamatan Ngakglik merupakan dampak dari aktivitas pengerukan lahar di Kali Gendol.

Lahar yang sudah digali itu membuka jalan bagi aliran air yang akan membawa pasir dan batu. ”Ketika curah hujan tinggi sangat dimungkinkan bongkahan batu besar itu sampai areal Candi Prambanan,” katanya. (Cholis)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Pascagempa dan Tsunami, Turis Jepang Batalkan Kunjungan

Yogya,(publikaNews) - Puluhan turis asal Jepang membatalkan kunjungan wisatanya ke Jogja bulan ini, menyusul terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami. Anjloknya kunjungan wisatawan asal negeri matahari terbit itu juga dikhawatirkan kelompok Desa Wisata Karangtengah Imogiri yang selalu menjadi langganan turis asal Jepang.

Manging Director agen perjalanan Garuda Tour and Travel, Edy Prabowo, di Banguntapan, Bantul mengatakan, sejak terjadi bencana, sebanyak 24 orang turis asal Jepang membatalkan kunjungannya ke Jogja dari total 30 wisatawan yang telah memesan jadwal.

“Karena bencana itu, sekarang tinggal enam, rencanya ada 30 orang yang hari ini (14/3) berwisata ke Jogja, yang batal itu kemungkinan mereka yang tinggal di daerah selatan yang terkena tsunami,” terangnya.

Pembatalan kunjungan wisata diperkirakan bakal terus bertambah menyusul bencana dahsyat yang hingga kini belum selesai penanganananya. Padahal, sepanjang April hingga Mei bila kondisi normal, merupakan puncak kunjungan wisatawan Jepang karena memasuki hari libur.

Para wisatawan sedianya memesan paket wisata seperti mengunjungi candi Borobudur, Prambanan dan Keraton Jogja. Kekhawatiran anjloknya kunjungan wisatawan asal Jepang juga dirasakan penasihat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karangtengah, Imogiri, Pargiyanto.

Ia mengungkapkan, rencananya bakal ada sekitar 200 turis asal Jepang yang bakal datang bulan ini ke desanya. Namun, adanya bencana diprediksi bakal membatalkan kunjungan wisatawan.

Padahal menurutnya, wisatawan dari Jepang paling banyak memberi pemasukan bagi para perajin. Setiap kunjungan, pemasukan hingga Rp7 juta dapat dikantongi. (Cholis)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

54 Civitas Akademik UGM Keseret Tsunami Jepang

Yogya, (publikaNews) - Pascagempa dan tsunami melanda Jepang, sebanyak 54 orang dosen dan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini belum diketahui keberadaannya. UGM masih kehilangan kontak dan saat ini berusaha melakukan pencarian melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo.

Pihak UGM juga belum bersedia memberi komentar atas kabar yang menyebutkan 54 orang tersebut selamat. Pihaknya masih akan melakukan koordinasi internal terkait 'hilang'nya 54 civitas akademikanya yang berada di Jepang akibat bencana tsunami.

Rachmat Sriwijaya, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), menjelaskan UGM kehilangan kontak 13 mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar dan 41 dosen yang belajar di Jepang. Saat ini UGM masih mengumpulkan data pasti dan kondisi mereka.

“Belum ada informasi pasti tentang apakah dosen dan mahasiswa UGM menjadi korban tsunami. Beberapa di antara mereka ditengarai tinggal di daerah bencana,” katanya. UGM lanjut dia berusaha mencari informasi keberadaan mereka melalui KBRI di Tokyo dan Kedubes Jepang di Jakarta.

Rio Rini Diah Moehkarti dari Kantor Urusan International UGM mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan bagaimana kondisi sebernarnya para dosen dan mahasiswa UGM yang tengah berada di Jepang.

Terpisah, Widodo Usman, suami Nunung Yuniarti Dosen UGM yang tengah menempuh S3 di Nara Institute of Scinece and Technology (NIST) Jepang mengaku sudah berhasil mengontak istrinya. Sejak terjadi bencana tsunami, Widodo langsung mengontak istrinya yang sudah berada di Jepang sejak enam bulan lalu.

Menurut dia, meski selamat kini istrinya mengaku takut dengan bahaya radiasi akibat meledaknya reaktor nuklir di Fukushima Daiichi Jepang. Pihak UGM, lanjutnya, juga belum mengontak istrinya yang rencananya akan tinggal di Jepang selama tiga tahun itu.

Terkait dengan mahasiswa Jepang yang saat ini menempuh studi di UGM, Rahmat menyatakan ada 25 orang. Semuanya sudah dikumpulkan untuk membantu memastikan kondisi keluarga mereka di Jepang. UGM akan membantu segala kebutuhan mahasiswa Jepang yang keluarganya menjadi korban.

Di UGM terdapat puluhan mahasiswa asal Jepang yang mengikuti program Indonesian Language and Culture Learning Service (Inculs) di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, belajar di Fakultas Ilmu Budaya, Ekonomi, dan Hukum.

Sementara dosen Arsitektur di Universitas Kristen Duta Wacana, Mahatmanto, dinyatakan dalam keadaan selamat, demikian diungkapkan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Henri Feriyadi. “Sejauh ini keberadaan dia [Mahatmanto] baik-baik saja dan belum ada rencana untuk kembali ke Indonesia,” kata dia. Mahatmanto, lanjutnya, mengikuti program S3 di Toyohashi University of Technology (TUT) selama tiga tahun sejak 2009. (cholis)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Komersialisasi Pendidikan,Pungutan Parkir UGM Salahi Aturan

Yogya, (publikaNews)- Kebijakan UGM memungut uang Rp 1.000 bagi pengendara motor dan Rp 2000 untuk mobil, rupanya terus menuai kecaman. Komisi D DPRD DIYyang membidangi masalah pendidikan turut menyayangkan kebijakan tersebut.

Sebagai kampus terkemuka, UGM tidak selayaknya menerapkan kebijakan disinsentif karena cenderung bersifat komersial. “Jadi diri UGM itu bersifat nirlaba alias non profit,” ungkap Anggota Komisi D DPRD DIJ Isti’anah ZA SH MHum kemarin.

Menurutnya, posisi UGM sebagai kampus yang mengedepankan nirlaba itu tertuang dalam pasal 3 ayat (1) PP No 153 Tahun 2000 tentang Penetapan UGM sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Keberadaan PP No 153 Tahun 2000 itu oleh UGM dijadikan salah satu pijakan menerbitkan Peraturan Rektor UGM No 408/P/SK/HT/2010. Peraturan rektor itu menjadi payung hukum UGM memungut masyarakat yang masuk kampus biru itu.

Isti’anah menambahkan sebagai kampus negeri tertua di Indonesia mestinya UGM bisa menjadi suri tauladan dalam memberikan pengayoman dan kesejukan bagi masyarakat. “Kebijakan disinsentif cenderung menonjolkan sikap arogan, tidak humanis dan egois,” sesal isteri Hakim Agung Mahkamah Agung Salman Luthan ini.

Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY Haris Sutarto juga menyayangkan kebijakan pungutan tersebut. ’’Kesannya UGM kok jadi eksklusif,’’ sesalnya. Mestinya, kata Haris, sebagai kampus kerakyatan, UGM ramah dengan masyarakat. Keberadaan portal di gerbang masuk mengesankan UGM seperti kampus angker. ’’Padahal, UGM dibangun dan diabdikan untuk menjadi milik rakyat Jogja,’’ ingatnya.

Anggota Komisi A Widi Praptomo juga menyampaikan pendapat serupa. Kebijakan pungutan itu akan menjauhkan UGM dari masyarakat. Dia juga memasalahkan pungutan tersebut karena tak ada kejelasan sebagai kebijakan parkir atau titipan kendaraan. Widi juga menyinggung soal besaran pendapatan pungutan yang harus disetor ke daerah. ’’Adakah yang masuk ke kas daerah?’’ tanyanya.

Ketua Komisi A Wahyono memertanyakan dasar hukum rektor UGM berani mengeluarkan peraturan yang memungut masyarakat. Bagi Wahyono, landasan hukum itu harus diperjelas agar tidak menimbulkan persoalan. ’’Kami ingin tahu apa dasarnya,’’ ujar mantan Kasatreskrim Polres Bantul itu.

Direktur Masyarakat Sleman Transpansi Andi Pettanessa menambahkan bersama sejumlah penggiat antikorupsi akan ramai-ramai memasalahkan kebijakan rektor UGM itu ke ranah hukum. Di matanya, rektor UGM tak punya wewenang melakukan pungutan kepada masyarakat. Kalau pun rektor punya kewenangan terbatas pada layanan di bidang akademik. Sedangkan kebijakan disinsentif itu di luar bidang akademik.

“Kita sedang awal curiga disinsentif itu tak lebih merupakan pungutan liar alias pungli,” tudingnya. Karena itu, Pettanessa kembali mendesak rektor UGM menghentikan pungutan dan mencabut peraturan rektor yang menabrak berbagai aturan hukum itu. “Jangan sampai rektor dikatakan melawan hukum karena membuat aturan pungutan masuk kampus,” ingatnya

Senada dengan itu, Direktur LPH Jogja Triyandi Mulkan SH MM mengatakan lembaganya telah menyiapkan laporan ke ORI guna mengadukan kasus UGM tersebut. Saat ini LPH secara serius tengah mencermati sejumlah pelanggaran

dari Peraturan Rektor UGM No 408/P/SK/HT/2010 yang menjadi payung hukum UGM melakukan pungutan. “Arah kita sudah pasti melaporkan kasus UGM ke lembaga-lembaga terkait termasuk ORI,” ucapnya.

Sementara Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI ORI Bidang Penyelesaian Laporan dan Pengaduan Budi Santoso SH LLM juga ikut menjadi “korban” pungutan yang diterapkan UGM, mengatakan lembaganya siap menangani aduan yang disampaikan masyarakat. Bila ada masyarakat yang keberatan dengan kebijakan UGM itu dipersilakan melaporkan ke ORI. “Kita siap menindaklanjutinya,” katanya.

Mantan direktur LBH Jogja ini mengatakan ORI memiliki kewenangan menangani berbagai aduan yang terkait dengan lembaga penyelenggara negara yang sebagian atau seluruh anggarannya berasal dari APBD atau APBN. Sebagai perguruan tinggi negeri, sumber dana UGM sebagian ada yang berasal dari APBN. “Jadi ORI punya kewenangan,” ucapnya.

Pemkab Sleman sendiri termasuk pihak yang kritis menyoal landasan hukum UGM menerapkan pungutan dengan dalih disinsentif tersebut. ’’Kebijakan itu harus segera disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan di atasnya,’’ pinta Kepala Seksi Parkir Bidang Lalu Lintas Dinhubkominfo Sleman Yudianto saat rapat kerja membahas kebijakan disinsentif di Komisi A DPRD DIY.

Dari pencermatan Yudianto, kebijakan yang mendasarkan pada Peraturan Rektor UGM itu tidak sesuai dengan berbagai aturan. Bahkan langkah UGM itu tak sejalan dengan bunyi UU tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. ’’Pungutan terhadap orang yang lewat kampus UGM seperti itu tak dikenal dalam aturan,’’ kritiknya.

Bila beralasan kebijakan itu untuk mengendalikan jumlah pengendara kendaraan bermotor yang tidak berkepentingan masuk UGM, Yudianto tak sepakat bila implementasinya harus dengan bentuk pungutan. ’’Buat larangan yang tidak berkepentingan dilarang lewat, tapi nggak perlu ada pungutan,’’ sarannya. (cholis)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Edi Bantah Keras Pemberitaan Di Media

Bandung, (publikaNews) - Terkait pemberitaan di beberapa media massa, mengenai tim KPK yang ditangkap atas aduan ajudan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, dalam konferensi pressnya Sekda Kota Bandung Edi Siswadi dengan tegas membantah dirinya telah memerintahkan ajudannya untuk menelepon polrestabes agar menangkap tim KPK tersebut. "Saya tidak pernah memerintahkan ajudan saya untuk melapor ke Polrestabes, bahkan menuduh tim KPK melakukan pemerasan, saya bersumpah atas nama agama saya," Ujar Edi Siswadi di ruangannya kepada wartawan, Rabu (16/03).

Edi pun secara tegas mengungkapkan dirinya tidak pernah menuduh, dan yang paling pengting menghalang-halangi petugas KPK, karena merasa tidak mempunyai beban, karena sudah melaksanakan tugas, fungsi dan tanggung jawab sesuai dengan aturan yang ada. "Kita sudah melakukan fungsi dan tanggung jawab sesuai dengan aturan yang ada kenapa musti ragu, kita harus menghargai proses hukum yang akan terjadi, karena petugas itu profesional dan tidak mudah terkena isu," jelas Edi.

Edi Siswadi pun menjelaskan kronologis kedatangan tim KPK ke Pemerintah Kota (pemkot) Bandung, tanggal 22 Februari 2011 dirinya kedatangan petugas KPK dari deputi pengawasan internal dan pengaduan masyarakat, dengan membawa surat tugas dan tanda pengenal untuk meminta klarifikasi pelaksanaan APBD tahun 2007 sampai 2010. "Jadi mereka datang ke sini untuk meminta klarifikasi mengenai pelaksanaan APBD dari tahun 2007-2010 dari sisi kebijakan, pelaksanaan dan prosedurnya," ujar Sekda Kota Bandung.

Lebih lanjut dikatakannya, petugas itu diterima dan dilayani dengan baik-baik, sesuai dengan posisi dan tanggung jawabnya. Mereka diterima secara kedinasan dan adat ketimuran sebagai tamu. "Saya terima dengan baik, karena saya tidak meragukan atau menyangsikan sedikit pun bahwa yang datang bukan dari petugas KPK," jelasnya.

Edi pun menyatakan keyakinannya 100 bahkan 1000 persen bahwa yang datang itu memang benar petugas dari KPK, karena mereka datang secara baik-baik dan membawa surat tugas seperti biasanya. "Setidaknya sudah lima kali petugas KPK kesini untuk meminta klarifikasi, meskipun timnya berbeda-beda, sehingga saya tahu persis mana yang petugas KPK." Jelas Edi.

Ketika menerima petugas KPK, Edi menuturkan dirinya ditemani dari Dinas Keuangan, TU Pimpinan, dan Kasubag Keuangan, dan memberikan arahan kepada mereka agar menerima mereka dengan baik-baik, sampaikan data-data dengan sebenar-benarnya, memeberikan akses seluas-luasnya dan jangan sampai mempersulit apalagi menutup-nutupi. "Saya katakan, bahwa hal ini merupakan kesempatan untuk meluruskan, mempertanggungjawabkan, dan mengklarifikasi bahwa pengaduan masyarakat tersebut tidak benar," Jelas Sekda Kota Bandung.

Sampai pelaksanaan tanggal 7 Maret petugas KPK melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai dengan prosedur dan protap yang mereka miliki. "Mereka tidak melakukan penekanan, intimidasi bahkan pemerasan, sehingga saya heran kenapa ada pemberitaan miring seperti itu," ungkap Edi.

Kemudian, menurut Edi ada kejadian yang menyatakan bahwa dirinya memerintahkan ajudan untuk menelepon kepolisian agar menangkap petugas KPK, dan menuduh seolah-olah petugas KPK tersebut memerasnya sebesar satu milyar. "Saya merasa terpukul, seolah-olah Pemkot Bandung menuduh petugas KPK memeras sebesar satu milyar, dari mana informasi tersebut, Saya inging tahu sumber yang menyatakan itu," ujar Edi.

Kalau ada masalah, menurut Edi, mungkin dari awal pemeriksaan pun sudah terjadi permasalahan. Sehingga Edi merasa secara kedinasan terganggu dan terpojokkan, bahkan terdzalimi dan difitnah. "Saya sudah konsultasi dengan bagian hukum, mungkin saya akan mengambil langkah-langkah hukum apa yang diberitakan tersebut, karena saya merasa tidak melakukannya," pungkasnya.

Senada dengan Sekda Kota Bandung, Ajudannya Ayi Supriatna pun mengatakan bahwa dirinya tidak pernah diperintah oleh Sekda untuk melaporkan tim KPK ke Polrestabes. Ayi pun merasa dirinya tidak pernah melaporkan petugas KPK itu baik secara tertulis maupun lisan, sehingga apabila ada yang mengatakan dirinya melaporkan atas pemerasan yang dilakukan oleh petugas kepada atasanya hal itu tidak mungkin. "Bagaimana mau mengatakan pemerasan, kalau melaporkannya saja tidak saya lakukan," jelas Ayi.

Ayi pun, mengatakan dirinya hanya melayani pimpinan dan tidak mungkin melanggar atau keluar dari ranah atau tupoksinya sebagai ajudan. "Saya merasa didzalimi, karena saya merasa tidak melakukan hal itu, saya bekerja sesuai dengan tupoksinya," jelasnya. (ally)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Liverpool Terancam Absen di Kompetisi Eropa

London, (publikaNews) - Menyusul tersingkirnya Liverpool dari Liga Europa Jumat dini hari, tim itu harus menghadapi kemungkinan terburuk yaitu tidak dapat bermain di turnamen level Eropa musim depan.

Liverpool dikalahkan tim Portugal Braga yang bahkan belum pernah sekalipun menjuarai liga Portugal.

Braga bermain dengan gigih dan secara mengejutkan menahan imbang tanpa gol raksasa liga Inggris itu di stadion Anfield sehingga mereka berhak maju ke babak perempatfinal dengan agregat gol 1-0.

Pelatih Liverpool Kenny Dalglish tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya melihat perjuangan anak-anak asuhannya yang selalu gagal menciptakan peluang emas sehingga pertandingan harus berakhir dengan hasil mengecewakan bagi Liverpool.

"Dalam dua leg pertandingan antara kami dan Braga ternyata hanya satu tendangan penalti saja yang menentukan hasilnya (yaitu di leg pertama). Itulah yang terjadi. Tidak banyak yang bisa dijadikan catatan di antara kedua tim ini," kata Dalglish dalam sebuah konfrensi pers pasca pertandingan.

"Mereka bermain sangat terorganisir dan kami tahu sebelum pertandingan bahwa adalah tugas kami untuk bermain menyerang dan mencetak gol," kata Dalglish.

Dengan tersingkirnya Liverpool, berarti tim itu hanya memiliki satu pintu untuk bisa bermain di level Eropa musim depan yaitu dengan berakhir di urutan kelima dalam klasemen akhir Liga Inggris, tetapi saat ini mereka berada di tempat keenam dengan enam poin di belakang Tottenham Hotspur di tempat kelima yang masih memiliki sisa satu pertandingan lagi untuk dimainkan.

Penyerang baru Liverpool Andy Carroll yang main sejak awal untuk pertama kalinya semenjak pindah dari Newcastle United dengan nilai transfer 35 juta pound, gagal mencetak gol pertamanya.(ant)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Ribuan Truk Kembali Antre di Tol Merak

Merak, (publikaNews) - Ribuan truk tujuan berbagai kota di daerah Pulau Sumatra kembali antre di Tol Merak hingga KM 96.750 akibat terbatasnya trip (perjalanan) kapal Ro-Ro yang melayani Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Antrean truk terjadi sejak pukul 24. 00 WIB, dan sekarang antreannya semakin memanjang," kata salah seorang petugas MMS Yaya Andria, Jumat.

Dia menjelaskan, antrean ribuan truk yang terjadi didalam tol Tangerang - Merak terjadi secara mendadak.

"Penumpukan truk untuk kesekian kalinya didalam tol ini, menghambat kendaraan yang akan masuk ke dalam tol," katanya menjelaskan.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry, Mario S Oetomo menjelaskan, antrean ribuan truk dikarenakan terjadi peningkatan volume kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Seperti biasanya, antrean terjadi karena setiap akhir pekan, banyak perusahaan yang mengeluarkan barang dengan tujuan ke sejumlah daerah di Pulau Sumatra," katanya menambahkan.

Selain itu, sebagian kapal roll on - roll off yang ada di lintasan Merak - Bakauheni menjalani perbaikan.

"Saat ini kapal yang beroperasi sebanyak 17 unit," ujar Mario.

Salah Seorang sopir truk angkutan pakan ternak, Kusnadi mengaku menerima dengan kondisi trasportasi laut yang sudah tua, sehingga pengoperasian kapal tidak maksimal.

"Mau diapain lagi, saya hanya seorang sopir, jadi terima saja dengan kondisi antrean kendaraan yang hendak ke Sumatra disebabkan kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Merak, usianya sudah tua," katanya.(ant)
Jumat, Maret 18, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

DK-PBB Berselisih Soal Zona Larangan Terbang di Libya

PBB, (publikaNews/AFP) - Dewan Keamanan PBB Senin berselisih soal permintaan dari Inggris dan Prancis mengenai zona larangan terbang di Libya sementara Rusia bersikeras "masalah fundamental" masih belum terpecahkan dalam usul itu.

Utusan Eropa dan Arab menekankan perlunya tindakan mendesak PBB terhadap serangan Muamar Gaddafi terhadap pasukan oposisi yang mendapatkan wilayah baru setiap hari.

Tapi, karena perselisihan antara negara-negara besar itu, Dewan Keamanan akan membutuhkan beberapa hari untuk menyetujui tindakan baru, kata beberapa diplomat.

Dewan Keamanan mengadakan pembicaraan mengenai zona eksklusif ketika topik itu juga mendominasi pembicaraan antara para menteri luar negeri negara-negara Kelompok Delapan di Paris.

Inggris dan Prancis sedang menyusun rancangan resolusi zona larangan terbang itu dan upaya mereka telah didorong oleh dukungan Liga Arab. Rusia dan China memimpin penentangan, sementara Amerika Serikan, Jerman dan yang lain ragu-ragu.

Utusan Rusia untuk PBB Vitaly Churkin menyatakan masalah penting mengenai bagaimana zona itu akan dijalankan dan siapa yang akan bertanggungjawab belum dijawab oleh para pendukung usul itu.

"Sejauh kami perhatikan, ada beberapa masalah fundamental yang perlu dijawab," kata Churkin pada wartawan ketika ia meninggalkan pembicaraan Dewan Keamanan itu.

"Jika ada zona larangan terbang, siapa yang akan melaksanakan zona larangan terbang itu?, bagaimana zona larangan terbang itu akan dilaksakan", ia bertanya.

"Kami belum mendapatkan cukup informasi, Untuk mengatakan `kita perlu bertindak dengan cepat`, `secepat mungkin`, tapi tidak memberikan jawaban mendasar pada masalah fundamental itu, pada kita yang tidak benar-benar membantu. Itu hanya memukul air."

Churkin menambahkan bahwa Rusia "berpandangan terbuka" mengenai zona larangan terbang dan usul lainnya untuk mengakhiri kekerasan di Libya.

Tapi Duta Besar Prancis Gerard Araud mengatakan resolusi mengenai zona eksklusif masih mungkin pekan ini.

"Tidak ada penolakan sepenuhnya. Ada kekhawatiran, ada pertanyaan, tapi saya kira kita akan bergerak maju," tutur Araud pada wartawan.

"Saya pikir masalahnya pada kita adalah kemendesakan. Seperti anda tahu pasukan Gaddafi bergerak maju sehingga kita akan lebih suka untuk bertindak secepat mungkin," katanya.

Araud menunjuk ke Dewan Keamanan PBB yang membolehkan zona laranan terbang di atas Bosnia dalam perang Balkan 1990-an tanpa menetapkan siapa yang akan menjalankanya atau bagaimana. Utusan Prancis itu menyatalam dewan hanya harus memberi "otoritas politik".

"Saya kira kami akan bekerja siang ini dan berusaha untuk mendapatkan naskah secepat mungkin," ia menambahkan. "Kami akan memiliki wewenang penuh. Setelah itu negara-negara yang ingin menjadi bagian dari koalisi itu akan datang."

Lebanon, negara Arab di dewan yang memiliki 15 negara anggota itu, yang minta pertemuan Senin, juga menekankan faktor waktu itu.

"Saya relatif pesimistis mengenai situasi di wilayah itu," kata utusan Lebanon Nawaf Salam, yang mengatakan Dewan Keamanan harus menanggapi "situasi mendesak itu".

Dewan Keamanan telah memerintahkan larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap Gaddafi dan sejumlah anggota rezimnya pada 26 Februari lalu. Dewan juga memerintahkan embargo senjata terhadapnya dan penyelidikan kejahatan terhadap kemanusiaan atas tindakan keras pemimpin Libya itu pada oposisi pemberontak.

Jerman juga menyampaikan keraguannya mengenai zona larangan terbang itu. "Masalah-masalah muncul dan beberapa dari masalah itu belum terjawab," kata utusan Jerman Peter Wittig yang meminta tekanan lagi diberikan pada Gaddafi melalui sanksi politik dan ekonomi. (ant)
Selasa, Maret 15, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Hammam Bungkam Soal Pencalonan Presiden FIFA

Kuala Lumpur, (publikaNews) - Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Mohamed Bin Hammam, Selasa, menolak mengungkapkan kesiapannya untuk menantang Sepp Blatter dengan mencalonkan diri untuk menjadi Presiden FIFA.

Namun pria asal Qatar itu mengatakan bahwa ia akan mengeluarkan pengumuman menyangkut keputusan pencalonan sebagai pimpinan organisasi sepak bola tertinggi itu minggu ini.

Hammam dalam dua bulan terakhir ini sering mengeluarkan isyarat bahwa ia siap untuk mencalonkan diri dengan menulis di Twitter-nya, Senin, bahwa ia akan "menjelaskan" posisinya, Jumat (18/3).

Bin Hammam yang berada di markas AFC di Kuala Lumpur untuk menandatangani kerja sama dengan klub Inggris Chelsea dalam promosi sepakbola, menegaskan bahwa ia hanya mau berkomentar soal isu tersebut, Jumat.

"Saya tidak mau meladeni pertanyaan seputar pemilihan (presiden) FIFA," kata Hammam saat ditanya pada kesempatan jumpa pers.

"Saya mohon maaf karena mengecewakan media. Saya hanya akan menjawab pertanyaan itu pada kesempatan jumpa pers Jumat nanti," kata Hammam dikutip AFP.

Ia dijadwalkan untuk menggelar jumpa pers di markas AFC di Kuala Lumpur, Jumat sore.

Bin Hammam dulunya dikenal sebagai pendukung Blatter saat Blatter kemudian terpilih sebagai presiden FIFA pada 1998. Tapi kedua tokoh tersebut "pecah kongsi" sejak dua tahun lalu.

Sukses mengejutkan Hammam ketika ia berhasil membawa Piala Dunia 2022 ke Qatar menjadi pemicu semangat baginya untuk mencalonkan diri sebagai presiden FIFA.

Pemilihan presiden FIFA akan digelar pada 1 Juni mendatang di Zurich, Swiss, markas organisasi sepakbola dunia itu.(ANT)
Selasa, Maret 15, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Priyo Sesalkan Pengeboman di Kantor JIL

Jakarta, (publikaNews) - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menyesalkan aksi pengeboman di kantor Jaringan Islam Liberal (JIL) Jalan Utan Kayu Raya, Jakarta, Selasa siang.

"Saya minta kepada Kepolisian agar segera menyelidiki secara tuntas motif dan sasaran aksi pengeboman ini," kata Priyo Budi Santoso di Gedung DPR RI di Jakarta, Selasa.

Ketika dimintai komentar bahwa bom meledak dari paket yang dikirim untuk tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla, yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Priyo menjelaskan, dirinya tidak tahu apakah aksi pengeboman ini terkait dengan kegiatan Ulil Abshar Abdalla sebagai tokoh JIL, sebagai politisi Partai Demokrat, atau kegiatan lainnya.

Namun apa pun modusnya, menurut dia, tidak boleh melakukan aksi kekerasan dengan cara mengebom. "Apalagi bom itu membuat cidera seorang anggota politisi yang berusaha menjinakkannya," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, saat ini Indonesia sudah memasuki era demokrasi yang segala sesuatunya lebih transparan.

Dalam era demokrasi, kata dia, hal yang wajar jika terjadi perbedaan pendapat. "Namun, perbedaan pendapat itu tidak boleh disikapi dengan tindakan anarkis," katanya.

Sekali lagi, Priyo mendesak kepolisian untuk segera menyelidiki persoalan ini secara tuntas.

Bom yang dikemas dalam sebuah buku dan dikirimkan untuk Ulil itu meledak di depan kantor JIL yang berlokasi di kantor KBR 68 H, Jalan Utan Kayu Raya, Jakarta Timur. (ant)
Selasa, Maret 15, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Akibat Arus Pendek

Bandung, (publikaNews) - Untuk memberikan pemahaman mengenai terjadinya kebakaran akibat arus pendek, Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan PLN Bandung menyelenggarakan sosialisasi kepada jajaran Pemerintah Kota Bandung. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung H. Dada Rosada di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum 56, Jumat (11/03).

Sosialisasi bertujuan agar dapat mengetahui sebab musabab terjadinya kebakaran dari arus pendek dan tindakan-tindakan yang harus diperhatikan agar tidak terjadi hal tersebut. Menurut Budi Pangestu, Manajer APJ PLN Bandung, hampir 60% kebakaran diakibatkan oleh hubungan arus pendek.

Lebih lanjut dikatakannya, secara garis besar kebakaran yang diakibatkan korsleting atau arus pendek disebabkan oleh material listrik yang digunakan tidak sesuai peruntukannya dan mengambil listrik yang tidak sesuai aturan sehingga arusnya tidak melewati pengaman. “Contoh penggunaan material yang tidak sesuai itu, misal kabel yang berserabut dipakai untuk instalasi padahal itu tidak benar, kemudian bahan-bahan lainnya yang digunakan tidak ber-SNI”, ujar Budi.

Selain dua hal tersebut, Budi juga menuturkan penggunaan daya yang berlebihan dan dipaksa serta layangan yang mengganggu kabel listrik juga, merupakan hal-hal yang menyebabkan kebakaran. “Biasanya apabila kita menggunakan listrik yang berlebihan maka MCB itu akan memutus listriknya dan tombolnya akan turun, tetapi masyarakat karena ingin listriknya tetap mengalir dengan daya yang ada maka mereka suka mengganjal tombol tersebut agar tidak turun. Memang akibatnya listrik tetap menyala tetapi nantinya pengaman yang ada di MCB tersebut tidak berfungsi lagi”, jelasnya.

Budi juga memberikan kiat-kiat mengahidari kebakaran yang diakibatkan oleh listrik, seperti mempergunakan listrik sesuai daya dan peruntukannya, hindarai penggunaan listrik yang tidak bers-SNI, hindari pencurian listrik, periksakan listrik yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, dan hindari stop kontak yang bertumpuk.

“Di pasaran memang banyak peralatan listrik yang tidak ber-SNI, tetapi kita tidak bisa menertibkannya karena hal itu bukan wewenang dari PLN, kita hanya bisa menghimbau masyarakat agar mau menggunakan barang-barang yang ber-SNI, demi keamanan”, paparnya.

Terkait dengan banyaknya peralatan elektronika yang ada di pasaran tidak ber-SNI dan dipergunakan oleh masyarakat, Dada menilai hal tersebut mungkin akibat dari harga barang-barang tersebut yang harganya yang lebih mahal dari yang biasa, sehingga masyarakat biasa lebih memilih yang murah.

Dada pun menyarankan kepada PLN agar dapat mengatur hal tersebut, sehingga masyarakat dapat menggunakan peralatan listrik yang ber-SNI saja, karena hal tersebut demi kebaikan dan keamanannya. “Contohnya seperti daging, biasanya kan daging yang tidak berstempel dimusnahkan”, Ujar Dada.

Lebih lanjut Dada juga meminta kepada PLN agar tidak memberikan listrik kepada bangunan yang tidak mempunyai ijin. Apabila sudah ada bangunan yang mempunyai listrik tetapi tidak berijin sebaiknya diputus saja. “Sejak tahun 78 pemkot sudah memberikan edaran kepada PLN agar tidak memberikan listrik kepada bangunan yang tidak berijin, dan edaran itu saya rasa belum pernah saya cabut“, ungkap Dada.

Mungkin pemutusan listrik untuk bangunan yang tidak berijin tersebut dilematis, tetapi menurut Dada hal itu bisa diselesaikan secara bertahap, satu persatu. “Saya pikir hal itu bisa kita selesaikan secara bertahap”, pungkas Dada.(ally)
Selasa, Maret 15, 2011 | 0 komentar | Selengkapnya...