SPACES FOR RENT. CALL : 0858.6172.7748
SPACES FOR RENT. CALL : 0858.6172.7748
SPACES FOR RENT. CALL : 0858.6172.7748

QUOTE : Jadikanlah Hari Ini Lebih Baik dari Hari Kemarin


Pengurus Forum RW Kota Bandung 2010-2014 Dilantik

BANDUNG -- Keberadaan Forum Silaturahmi Rukun Warga (RW) terutama di tingkat kota, benar-benar diharapkan mampu berperan sebagai komunikator, mediator, dinamisator dan fasilitator dalam bersinergi dengan pemerintah daerah. Keberadaannya harus benar-benar dirasakan dan memberikan kontribusi berarti bagi kiprah kerja RW di tingkat bawah.

"Kami para ketua RW belum merasakan adanya kegiatan forum. Untuk itu kepada pengurus baru, diharapkan amanah dan bekerja termasuk memperjuangkan dana opreasional RW di APBD," ungkap Sutrisna dari Forum RW Kecamatan Ujungberung pada kesempatan dialog dengan Wali Kota Bandung H. Dada Rosada dalam acara pelantikan Badan Pengurus Forum Silaturahmu RW Kota bandung masa bakti 2010-2014, di Pendopo rumah dinas wali kota Jalan dalem Kaum Bandung, Kamis (07/01/10). Disaksikan Ketua DPRD Erwan Setiawan, Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vinanda dan Ketua Forum RW Propinsi jabar, Tjetje Subrata.

Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada menyatakan, RW. merupakan organisasi atau lembaga kemasyarakatan swadaya yang diakui dan langsung dibina pemerintah. Kesempatan memperoleh dukungan penganggaran di APBD sangat memungkinkan dibanding ormas lainnya. Peran dan fungsi RW/RT mencerminkan dukungan masyarakat terhadap tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

RT. dan RW. imbuhnya, juga melaksanakan fungsi-fugnsi perencanaan, pelaksanaan pembangunan berbasis aspirasi, swadaya murni dan kegotongroyongan. Dirinya bersyukur dan apresiatif dengan pembentukan Forum RW. Menurutnya forum ini berperan penting dalam menyerap dan mendistribusikan informasi, menyatukan karakteristik sosial dan sumber sumber daya ekonomi masyarakat. "Sangat ideal jika forum ini mampu membaca dinamika lingkungan, mampu membaca situasi subtansi kebutuhan anggota dan masyarakat,".

Dada juga mengakui, keberadaan RW dan RT terutama dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkot Bandung sangat terbantu. Sebagai timbale baliknya, Dada merencanakan, selain yang telah diberikan di tahun-tahun sebelumnya, yaitu hibah Rp 500 ribu untuk RT. dan Rp 700 ribu untk RW, mengupayakan adanya dukungan anggaran untuk operasional Ketua RW dan RT.

Badan pengurus Forum Silturahmi RW yang dilantik, Tato Sutamto (ketua), H Dede Amar (Ketua I), H. Udju Surja (Ketua II), H Yana Tarya Hendayana (Sekum), Kendo Sukanda (Sekr I), Rudi (Sekr II), Reik Muhamad (Bendahara Umum), Rudi Pakih (Bend I), Dedi Setiadi Atmadijaya (Bend II), Didi Suhadin (Bid Organisasi dan Kelembagaan), Didi Sutardi (Hukum dan HAM), Dimyat Mardjuki (Pengembangan SDM), Deni Binarto(Informasi dan Komunikasi), Nandi Supriadi (Lingkungan Hidup), Deden Tendi Surya (Pengabdian Masyarakat), H Adi Yunus (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), Sigit Iskandar (Olah Raga dan Seni Budaya), H Hamdani (Umum dan Kesekratriatan). (ALY)***